Asri Welas : NTB bisa jadi 'trendsetter' busana sopan Indonesia

id Asri Welas ,NTB ,busana sopan Indonesia,baju adat

Asri Welas : NTB bisa jadi 'trendsetter' busana sopan Indonesia

Artis sekaligus desainer Asri Welas mengenakan kain tenun khas Nusa Tenggara Barat (NTB) pada pembukaan kegiatan Lombok International Modest Fashion Festival (Limoff) yang digelar 6 - 9 Juli 2023 di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat. (ANTARA/Pemprov NTB). (1)

Mataram (ANTARA) - Aktris sekaligus perancang busana Asri Welas menilai Nusa Tenggara Barat bisa menjadi trendsetter, penentu tren, busana sopan di Indonesia.

"NTB mampu menjadi trendsetter fesyen muslimah di Indonesia," ujar Asri Welas dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Jumat.

Asri Welas hadir di NTB untuk berpartisipasi dalam kegiatan Lombok International Modest Fashion Festival (Limoff) yang digelar 6 - 9 Juli 2023 di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Dia menilai NTB menjadi salah satu pilihan sebagai destinasi muslim terbaik di Indonesia. Asri Welas mengaku pernah mengikuti pelatihan bersama dengan 15 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah batik yang salah satunya asal NTB selama empat hari.

Baca juga: Presiden kenakan baju adat Sulawesi Tenggara saat HUT ke-77 RI

Melihat corak tenun dan batik asal NTB kemudian menjadi alasan kuat Asri Welas mengikuti Agenda Limoff di NTB.

"Tenun NTB memiliki khas motifnya menggambarkan kekuatan budaya dan tradisi sehingga tenun NTB berbeda dari daerah lain," kata Asri.

Asri juga mengaku, menjadi modis dan berbusana tertutup adalah hal yang susah sekali, namun, setelah melihat stan di Limoff dia menilai banyak busana yang menjadi pilihan dan referensi.

"Pilihan baju-baju yang tertutup, tapi, modis disini banyak sekali. Muslimah, tapi, 'stylish' itu kan susah iya. Tapi, di sini banyak bisa dilihat dari stan-stan yang ikut meriahkan Limoff ini banyak sekali pilihannya," kata Asri.

Asri mengatakan bahwa Limoff sebagai salah satu kegiatan yang keren, memberikan wadah bagi para desainer dan masyarakat pecinta tenun maupun batik.

Oleh karena itu Asri berharap adanya Limoff memberikan peningkatan pemasaran bagi para perajin sehingga dapat berdampak kepada perekonomian yang semakin membaik.

"Semoga dengan adanya Limoff ini semakin banyak yang order (pesan), apalagi ini adalah karya dari para perajin sehingga harus kita dukung," tutur Asri.

Lombok International Modest Fashion Festival (Limoff) 2023 yang digelar di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat di ikuti sebanyak 109 desainer internasional dan nasional.

Baca juga: Ini pesan optimisme Presiden Jokowi lewat baju adat Babel menurut pengamat

Baca juga: Ini alasan Puan Maharani pilih baju adat Bali saat sidang tahunan