Terminal curah cair Pelabuhan Bumiharjo Kumai terima penetapan Kemhub

id Pelabuhan Bumiharjo,Terminal curah cair, Kementerian Perhubungan

Terminal curah cair Pelabuhan Bumiharjo Kumai terima penetapan Kemhub

Ilustrasi terminal curah cair Pelabuhan Bumiharjo yang menjadi pelabuhaan kelolaan Subholding PT Pelindo, . SPMT. Antara/ HO-PT Pelindo Regional 4

Makassar (ANTARA) - Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) menerima penetapan terminal curah cair Pelabuhan Bumiharjo dari Kementerian Perhubungan.

"Anak perusahaan Pelindo ini, SPMT bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas, terus berkomitmen untuk mengimplementasikan standarisasi serta meningkatkan kualitas pelayanan operasional kepada para pengguna jasa," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kumai, Hary Suryanto di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, peningkatan kualitas pelayanan tersebut melalui penetapan terminal curah cair dari Kemenhub itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan tentang Penetapan Terminal Curah Cair (TCC) pada Dermaga Jetty 01 & 02 Pelabuhan Bumiharjo.

Pada kesempatan itu turut hadir Direktur Operasi SPMT Arif Rusman Yulianto, CEO Subregional Kalimantan Regional 3 Pelindo Fariz Hariyoso, dan Branch Manager SPMT Bumiharjo, Yuvensius Andri Kartiko.

Penetapan terminalisasi Terminal Curah Cair di Pelabuhan Bumiharjo ini menjadi Branch Pelabuhan kelima yang dikelola Pelindo Multi Terminal yang berhasil memperoleh penetapan terminalisasi setelah Pelabuhan Belawan, Dumai, Bagendang, serta Tanjung Intan.

Direktur Operasi SPMT Arif Rusman menyampaikan apresiasi kepada pihak KSOP Kelas IV Kumai dan berharap penetapan terminalisasi Terminal Curah Cair di Pelabuhan Bumiharjo adalah bentuk komitmen SPMT untuk terus meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa.

"Momentum ini juga menjadi langkah inisiasi Terminal SPMT di Pelabuhan lainnya untuk dapat terus meningkatkan level of service sesuai kebutuhan customer,”
katanya.

Sementara Hary dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sinergi Pelindo Regional 3, SPMT, dan Pelabuhan Bumiharjo, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa.

“Hal ini menjadi momentum awal bagi pengelola terminal dan pelabuhan bersama Stakeholder di Pelabuhan Bumiharjo untuk terus melakukan upaya penataan dan peningkatan layanan yang berkelanjutan," ujarnya.

Karena itu, penetapan Terminalisasi di Bumiharjo ini ditujukan untuk menghadirkan Terminal Dedicated yang didukung dengan standarisasi alat dan peningkatan produktivitas, sehingga dapat meningkatkan efisiensi biaya operasional yang diharapkan berdampak pada penurunan biaya logistik.

"Tentu ini akan menjadi benefit baik bagi pihak pengelola terminal dan pihak pengguna jasa." kuncinya.
Ilustrasi terminal curah cair Pelabuhan Bumiharjo yang menjadi pelabuhaan kelolaan Subholding PT Pelindo, . SPMT. Antara/ HO-PT Pelindo Regional 4