Ribuan ASN Pemkab Kotim dikerahkan bersihkan arena pertandingan Porprov

id Ribuan ASN Pemkab Kotim dikerahkan bersihkan arena pertandingan Porprov, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, porprov, bupati kotim, Halikinnor

Ribuan ASN Pemkab Kotim dikerahkan bersihkan arena pertandingan Porprov

Bupati Halikinnor (kaos merah lengan panjang) berbaur bersama pegawai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang kebagian membersihkan bagian dalam Stadion 29 Nopember Sampit, Jumat (21/7/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengerahkan ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat untuk kerja bakti membersihkan lokasi-lokasi yang dijadikan tempat pertandingan selama Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII yang digelar di Sampit pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2023.

"Hari ini saya memang menginstruksikan semua ASN untuk kerja bakti gotong royong, terutama di titik-titik atau venue yang rencananya digunakan untuk kegiatan perlombaan, salah satunya Stadion 29 November Sampit," kata Halikinnor di Sampit, Jumat. 

Seluruh satuan organisasi perangkat daerah di beberapa titik yang akan dijadikan tempat pertandingan olahraga saat Porprov, seperti di komplek Stadion 29 Nopember Sampit, kawasan gedung voli yang satu lokasi dengan arena panahan, GOR Habaring Hurung, Taman Kota, gedung Serba Guna, lapangan tenis dan lainnya. 

Personel cukup banyak dikerahkan di kawasan Stadion 29 Nopember karena lokasi ini akan digunakan beberapa cabang olahraga, seperti sepak bola, futsal dan lainnya. Terlebih, stadion juga akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Porprov.

Saat ini panggung utama sudah didirikan di dalam stadion untuk acara pembukaan Porprov pada Rabu (26/7) nanti. Pembukaan Porprov rencananya dihadiri Gubernur Sugianto Sabran serta kepala daerah seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. 

"Semoga semua bisa hadir. Bagi kepala daerah yang akan berakhir, ini menjadi momentum karena ini Porprov dilaksanakan empat tahun sekali. Semoga ajang silaturahmi bagi kita sehingga acara itu menjadi kebanggaan Kalteng. Kita sebagai tuan rumah ingin menjadi yang terbaik," ujar Halikinnor. 

Baca juga: Pemkab Kotim bertekad berikan pelayanan terbaik dalam Porprov Kalteng

Diperkirakan akan ada lebih dari 10.000 orang tamu dari luar daerah yang akan datang ke Sampit selama pelaksanaan Porprov. Mereka di antaranya sekitar 6.000 orang atlet, selain itu adalah pendamping dan pihak keluarga atlet. 

Untuk meramaikan pembukaan Porprov nanti, acara hiburan akan diisi penampilan Band Repvblik. Masyarakat diajak hadir untuk menyaksikan kemeriahan pembukaan kegiatan olahraga empat tahunan ini. 

Halikinnor juga meyakinkan bahwa persiapan sudah tinggal tahap penyelesaian. Tempat pertandingan semua cabang olahraga dipastikan sudah siap sebelum pertandingan dimulai. 

"Persiapan venue sampai saat ini sudah 90 persen. Tinggal perbaikan sedikit-sedikit. Hanya sarana pendukung, contohnya di kawasan gedung voli indoor hari ini diaspal untuk penyempurnaannya saja lagi. Secara umum semua sudah siap," ujar Halikinnor. 

Untuk memeriahkan Porprov, pemerintah kabupaten juga menggelar sejumlah kegiatan seperti sunatan massal, pemeriksaan kesehatan gratis, wisata susur sungai gratis bagi kontingen, diskon kuliner oleh pelaku usaha, bazar multi produk di Citimall Sampit, Nur Mentaya Expo serta berbagai kegiatan lainnya. 

Baca juga: Jalan kawasan pendidikan mulus, Bupati Kotim minta pelajar jangan kebut-kebutan

Baca juga: Bupati Kotim minta Bunda PAUD kecamatan berperan tingkatkan kualitas pendidikan

Baca juga: Kontingen Palangka Raya tak ikutkan drum band dalam Porprov Kalteng