Pemkab tingkatkan daya saing IRTP di Lamandau

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, hendra lesmana

Pemkab tingkatkan daya saing IRTP di Lamandau

Bimtek keamanan pangan bagi IRTP, Nanga Bulik, Selasa (25/7). (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan daya saing para pelaku usaha pada sektor industri rumah tangga pangan (IRTP).

Salah satunya diimplementasikan melalui pelaksanaan bimbingan teknis keamanan pangan bagi pelaku usaha industri rumah tangga pangan di Nanga Bulik, Selasa (25/7) yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau.

"Tujuan dari bimtek ini adalah meningkatkan pengetahuan pengusaha IRTP tentang pengolahan makanan yang baik sesuai persyaratan kesehatan dan standar mutu," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

Selain itu memberikan pembekalan kepada pengelola atau pemilik IRTP agar mampu memproduksi pangan yang sehat, aman, bermutu, dan higienis, serta meningkatkan keamanan dan mutu produk IRTP yang beredar di masyarakat.

"Kami berharap pelaku usaha dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang keamanan pangan, serta mendapat sertifikat pelatihan sebagai syarat pengajuan sertifikat produksi pangan industri rumah," tambahnya.

Adapun peserta dalam kegiatan bimtek ini berasal dari berbagai kecamatan, di antaranya 66 orang dari Kecamatan Bulik, 29 orang dari Kecamatan Bulik Timur, serta Kecamatan Menthobi Raya sebanyak 12 orang.

Selanjutnya narasumber dalam kegiatan ini adalah dari Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kotawaringin Barat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau.