Titik belok trotoar kota Kasongan makan korban jiwa

id Titik belok trotoar kota Kasongan makan korban jiwa, kalteng, Katingan, Kasongan

Titik belok trotoar kota Kasongan makan korban jiwa

Korban kecelakaan saat dievakuasi ke RSUD Mas Amsyar Kota Kasongan, Kabupaten Katingan, Jumat (28/7/2023). ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Titik belok trotoar di Kota Kasongan, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah memakan korban hingga meninggal dunia.

Saat dikonfirmasi, Kasatlantas Polres Katingan Iptu Hariyanto Kaslan, kemarin menjelaskan, kejadian berada di jalan Tjilik Riwut Km 04 Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, pada Jumat sore.

Nasib tragis itu menimpa seorang pengendara sepeda motor bebek berwarna biru dengan nomor TNKB KH 4437 NV atas nama AS. Pria tersebut mengalami kecelakaan maut usai menabrak satu dump truk berwarna kuning dengan nomor TNKB KH 8252 LP yang dikemudikan M.

Kasat Lantas Polres Katingan itu menjelaskan, waktu kejadian, dari arah Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, melaju dump truk yang dikemudikan M. Melaju pada lajur dua, pada sebelah kiri arah Kasongan - Palangka Raya dengan kecepatan sekitar 40 Km/Jam.

Saat itu, dari arah yang sama juga melaju beberapa kendaraan dengan kondisi terpantau dari spion truk yang dikemudikan M. Salah satu kendaraan itu seperti yang dikemudikan koran AS dengan kecepatan cukup tinggi.

Hariyanto mengatakan, menurut pengamatan M, kendaraan korban melaju di lajur tiga jalur sebelah kiri arah Kasongan-Palangka Raya. Kendaraan itu beriringan dengan kendaraan lain. Sekitar 50 meter sebelum titik belok trotoar M selaku pengemudi dump truk  menghidupkan lampu sein sebelah kanan.

Baca juga: Tasik Payawan juara umum Festival Budaya Penyang Hinje Simpei Katingan

"Namun M tetap melaju di lajur kedua jalur kiri. Sesampainya di ujung trotoar pembatas itu, sopir dump truk langsung memutar kemudi dengan tujuan berbelok arah kembali ke arah Kota Sampit," kata Hariyanto Kaslan.

Namun, lanjut dia, secara tiba-tiba dari arah belakang, korban AS menabrak ban belakang sebelah kanan truk yang mengakibatkan korban terjatuh dan terpental di badan jalan. Diduga karena benturan keras, sebagian tubuh korban langsung mengeluarkan darah.

Atas kejadian itu pengemudi truk langsung menghentikan kendaraannya dan melihat kondisi korban yang sudah terkapar dan berdarah. Tidak lama masyarakat yang datang langsung membawa korban ke RSUD Mas Amsyar Kota Kasongan.

"Akan tetapi sesampainya di rumah sakit, korban dinyatakan telah meninggal dunia," kata Kasatlantas Polres Katingan.

Dia mengatakan lokasi sekitar tempat kecelakaan memiliki jalan lurus, terdapat dua jalur dengan masing-masing jalur terdapat tiga Lajur. Terdapat pula trotoar pembatas jalan, garis marka garis marka lurus putus-putus.

Masyarakat terutama pengendara diminta berhati-hati dan waspada selama berkendara, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan saling menghormati antara sesama pengendara. Keselamatan lebih utama.

Baca juga: Pemkab Katingan lestarikan kekayaan budaya melalui Festival Penyang Hinje Simpei

Baca juga: Bupati Katingan siapkan Rp15 juta bagi peraih emas Porprov

Baca juga: Pemkab Katingan serahkan bantuan keuangan untuk 10 parpol