Petugas amankan 150 koli barang impor bekas diamankan

id barang impor bekas,Bengkalis, Riau,TNI AL Dumai ,Satgas Sadewa ,Kalteng

Petugas amankan 150 koli barang impor bekas diamankan

Komandan TNI Angkatan Laut (Dan Lanal) Dumai Kolonel Laut (P) Kariady Bangun saat konferensi pers di Pos AL Bengkalis, terkait diamankannya 150 koli barang impor bekas bersama empat tersangka yang diamankan. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis, Riau (ANTARA) - TNI Angkatan Laut Dumai bekerjasama dengan Satuan Tugas Sadewa-23 mengamankan sebanyak 150 koli (kardus 30-50 kilogram) barang impor bekas tanpa dilengkapi dokumen dari KLM Putra Sejahtera 9 GT 98 di Perairan Selat Lalang Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"150 koli barang impor bekas ini berasal dari Singapura, dibawa KLM Putra Sejahtera dari Tanjung Balai Karimun tujuan Pekanbaru. Tanpa dilengkapi dokumen yang sah," kata Komandan TNI Angkatan Laut Dumai Kolonel Laut (P) Kariady Bangun saat konferensi pers di Pos AL Bengkalis, Jumat.

Selain barang bekas, petugas juga mengamankan setidaknya empat orang kru kapal untuk dimintai keterangan. Barang bekas 150 koli ini terbagi 50 koli pakaian bekas, 50 koli sepatu bekas berbagai merek dan 50 koli tas dan diamankan oleh petugas pada akhir Juli 2023 yang lalu.

Dijelaskan Kariady Bangun, modus operandi yang dilakukan pelaku dengan cara menyembunyikan barang-barang bekas itu dalam palka kapal paling bawah. Lalu membuat manifes ganda untuk mengelabui petugas.

"Dari hasil pemeriksaan awal, kegiatan mereka sejak 2017 silam. Dan perbuatan tersebut diduga melanggar ketentuan kepabeanan Undang-Undang Nomor 17/2006," ucapnya.

Ditegaskannya, Lanal Dumai berkomitmen dalam melaksanakan penegakan hukum terhadap segala bentuk ancaman dan tindak kejahatan di laut. Selanjutnya, barang bukti 150 koli ini dilimpahkan ke Bea dan Cukai Bengkalis untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

"Tentu tidak terlepas dari pentingnya sinergitas dengan instansi pemerintah, BC, TNI Polri serta dukungan masyarakat," bebernya.

Hadir dalam konferensj  pers tersebut Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Wakil Kepala Kepolisian Resor Bengkalis, Kepala BC Bengkalis Agoes Widodo, Danposal Letda Laut (E) Nur Johan dan tamu undangan lainnya.