Pemkab Kobar turut berpartisipasi membagi 10 juta bendera Merah Putih

id Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, kalteng, plh sekda kobar

Pemkab Kobar turut berpartisipasi membagi 10 juta bendera Merah Putih

Plh Sekda saat serahkan bendera Merah Putih kepada pelaku UMKM di taman kota Pangkalan Bun , Minggu (13/08/2023) ANTARA/HO.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, membagikan 10 juta bendera Merah Putih kepada warga setempat, sebagai bentuk mengisi sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih ini juga mendukung program Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah diluncurkan di Kabupaten Bulu Kumba, kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kobar Juni Gultom saat menghadiri kegiatan Festival Merah Putih, yang di laksanakan di taman kota Pangkalan Bun, Senin.

"Jadi, kami berharap melalui festival ini masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan gerakan 10 ribu bendera Merah Putih dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Pemkab Kobar dari Kemendagri, realisasi pengumpulan Bendera Merah Putih saat ini di seluruh Indonesia, sudah mencapai 13 juta lembar. Hal itu menandakan bahwa target Kemendagri untuk membagikan bendera merah putih secara gratis kepada warga telah memenuhi target.

Juni juga menyampaikan pesan, Kemendagri berharap bendera Merah Putih ini tidak hanya di pandang sebagai simbol saja, akan tetapi juga sebagai pemersatu bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebab, sudah banyak contoh negara di dunia yang tidak bisa bertahan puluhan hingga ratusan tahun.

"Kita sebagai anak bangsa harapannya tetap terus menjaga persatuan dan kesatuan yang ada, agar negara kita bisa bertahan hingga selama-lamanya," kata dia.

Baca juga: Kotawaringin Barat mendapat kuota penerimaan sebanyak 1.272 PPPK

Untuk itulah, dirinya berharap sekaligus mengajak masyarakat di kabupaten setempat, dapat berpartisipasi dan terlibat aktif dalam pembagian bendera merah putih ini. Sebab, dengan pembagian bendera ini, masyarakat semakin menyadari bahwa pentingnya menjaga dan mengibarkan bendera pada saat menyambut hingga pelaksanaan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

"Saya yakin dengan dengan antusias dan semangat masyarakat dalam festival ini, dapat dan mampu menggerakkan partisipasi dalam menjaga sekaligus merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia, terkhusus Kotawaringin Barat," demikian Juni.

Baca juga: Berikut torehan prestasi atlet Kobar pada O2SN 2023

Baca juga: Pemkab Kobar fokus persiapkan MTQH Kalteng

Baca juga: Diskominfo gelar lomba desain logo HUT Kobar