Pemkab Kobar fokus persiapkan MTQH Kalteng

id Pemkab Kobar fokus persiapkan MTQHKalteng, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat

Pemkab Kobar fokus persiapkan MTQH Kalteng

MTQH Ke 31 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kobar akan di laksanakan pada tanggal 19 November 2023 mendatang, Selasa (8/8/2023) ANTARA/HO-Istimewa

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat bersama panitia terus melakukan persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) ke-31 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan digelar di daerah ini.

"MTQH ke 31 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah akan digelar di Kabupaten Kobar, yang rencananya akan dilaksanakan pada 19 November 2023 mendatang," kata Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat Juni Gultom di Pangkalan Bun, Jumat.

Juni Gultom mengatakan, meskipun gelaran MTQH ke-31 ini belum dipastikan lokasinya, Pemerintah Kabupaten Kobar saat ini mulai fokus melakukan berbagai persiapan agar nantinya MTQH berjalan lancar dan sukses.

"Baik itu persiapan terkait detail acara pembukaan dan penutupan, teknis penerimaan tamu dan kafilah, serta kesiapan akomodasi dan transportasi," bebernya.

Juni menyampaikan, masing-masing bidang membuat rencana anggaran biaya (RAB) dan mengakomodir hal-hal yang perlu ditindaklanjuti segera oleh panitia pelaksana.

Baca juga: Diskominfo gelar lomba desain logo HUT Kobar

Persiapan lebih awal agar jika ada kendala maka bisa secepatnya dicarikan solusinya sehingga tidak sampai mengganggu pelaksanaan MTQH nantinya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kalteng Nuryakin mengungkapkan bahwa seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan pada 16 hingga 25 November 2023.

"Dengan jumlah peserta sesuai cabang/golongan MTQ sebanyak 56 orang, sehingga diperhitungkan 14 kabupaten/kota sebanyak 784 orang," ungkapnya.

Nuryakin menjelaskan, bahwa ada sembilan cabang dan 26 golongan yang dimunaqasahkan pada MTQ dan Hadist ke-31 Tingkat Provinsi tersebut.

"Sembilan cabang yang dimunaqasahkan antara lain Cabang Seni Baca Al Quran, Qira’atus Sab’ah, Hafalan Al Quran, Tafsir Al Quran, Fahmi Qur’an, Syarhil Qur’an, Seni Kaligrafi Al Quran, Karya Tulis Ilmiah Al Quran (KTIQ) Putra dan Putri serta Cabang Hadis Nabi," jelasnya.

Nuryakin berharap, kerjasama berbagai pihak baik pemerintah daerah maupun masyarakat untuk ikut menyukseskan penyelenggaraan MTQ dan Hadis ke-31 Tingkat Provinsi Kalteng melalui sosialisasi spanduk, baliho, media massa dan media sosial.

Baca juga: Pemkab Kobar ajukan tiga raperda ke DPRD

Baca juga: Pemkab Kobar dorong peningkatan UMKM melalui pasar malam

Baca juga: Pj Bupati ingin liga pelajar dan usia dini sepak bola segera di bentuk di Kobar