Kesbangpol Kobar libatkan berbagai pihak sediakan bendera Merah Putih

id Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Edi Faganti, Kotawaringin Barat, kobar, kalteng, Kesbangpol Kobar, kepala badan Kesbangpol Kobar

Kesbangpol Kobar libatkan berbagai pihak sediakan bendera Merah Putih

Badan Kesbangpol Kobar saat melakukan pembagian bendera Merah Putih kepada para pengguna jalan di Pangkalan Bun, Minggu (13/8/2023). ANTARA/HO-Badan Kesbangpol Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Edi Faganti menyatakan bahwa pihaknya mengajak sekaligus melibatkan berbagai pihak untuk ikut mengumpulkan bendera merah putih, sebagai upaya menyambut dan mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Pengumpulan bendera merah putih dari berbagai pihak yang ada di kabupaten ini dimulai dari tanggal 5 Juli sampai 15 Agustus 2023, kata Edi Faganti di Pangkalan Bun, Senin.

"Bendera merah putih yang berhasil terkumpul itu sebanyak 7.624 lembar. Kami pun sudah kembali dibagikan kepada masyarakat, termasuk dipasang di plangson jalan," ucapnya.

Dikatakan,gerakan pembagian Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia merupakan gerakan nasional yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan disambut antusias bahkan didukung seluruh elemen masyarakat di negara ini, termasuk di Kobar. 

"Dalam pelaksanaannya melibatkan partisipasi seluruh pihak baik ASN,Organisasi maupun masyarakat, dengan tujuan untuk meningkatkan kembali rasa cinta tanah air dan bangsa yang tidak boleh luntur dari setiap warga negara Indonesia," kata Edi Faganti.

Menurutnya, sejarah telah membuktikan bahwa dengan hanya bermodalkan semangat persatuan seluruh rakyat Indonesia, bisa memperoleh kemerdekaan melalui perjuangan diatas keanekaragaman suku agama dan etnis.

Baca juga: Pemkab Kobar turut berpartisipasi membagi 10 juta bendera Merah Putih

"Kemerdekaan tersebut juga diperoleh bukan hasil pemberian, namun dari perjuangan pendahulu kita yang mengorbankan jiwa raganya demi berkobarnya Merah Putih di seluruh wilayah Indonesia," ungkapnya lagi 

Edi berharap, masyarakat Kotawaringin Barat dapat berpartisipasi dalam kegiatan pembagian 10 juta bendera Merah Putih ini.

"Ayo kita bersama sama menjaga kesatuan bangsa kita, mari kibarkan bendera Merah Putih meriahkan HUT RI ke 78," demikian Edi.

Baca juga: Kotawaringin Barat mendapat kuota penerimaan sebanyak 1.272 PPPK

Baca juga: Berikut torehan prestasi atlet Kobar pada O2SN 2023

Baca juga: Pemkab Kobar fokus persiapkan MTQH Kalteng