ENEOS Indonesia perkenalkan ENEOS X Series

id ENEOS ,ENEOS X Series,Nippon Oil Indonesia

ENEOS Indonesia perkenalkan ENEOS X Series

Pelumas Eneos X Prime. (ANTARA/HO/Eneos)

Jakarta (ANTARA) - PT Nippon Oil Indonesia resmi merilis pelumas ENEOS X Series untuk dua segmen berbeda, yakni ENEOS X PRIME untuk segmen premium dan ENEOS X yang merupakan rangkaian produk unggulan ENEOS.

Seluruh rangkaian produk ENEOS X Series berkomposisi base oil 100 persen fully synthetic dan memenuhi standar oli mesin kinerja terbaru API SP ILSAC GF-6 yang merupakan spesifikasi pelumas tingkat tertinggi saat ini.

"Peluncuran produk ini merupakan bukti bahwa pengembangan produk ENEOS sangat mengikuti perkembangan mesin kendaraan dan mampu memenuhi harapan konsumen. Ke depannya kami akan terus berkomitmen dalam memberikan inovasi dan teknologi terbaru guna memberikan kenyamanan yang maksimal kepada pelanggan," kata General Manager ENEOS Indonesia Imran Razy dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Baca juga: ENEOS merilis gim balap mobil baru, tawarkan hadiah menarik

Pada ENEOS X PRIME terdapat dua varian produk, yaitu ENEOS X PRIME SP GF-6A 5W-30 Fully Synthetic dan ENEOS X PRIME SP GF-6B 0W-16 Fully Synthetic. Sementara pada segmen pelumas unggulan ENEOS X terdapat varian ENEOS X SP GF-6A 5W-30 TITANIUM FULLY SYNTHETIC, ENEOS X SP GF-6A 0W-20 TITANIUM FULLY SYNTHETIC dan ENEOS X SP 10W-40 MOLYBDENUM FULLY SYNTHETIC.

Varian ENEOS X PRIME menargetkan segmen market high end/premium. Varian itu merupakan pilihan tepat untuk semua jenis kendaraan pabrikan Jepang atau Eropa kelas menengah ke atas, dengan teknologi hybrid ataupun mesin turbo, kendaraan baru maupun lama yang membutuhkan pelumas dengan spesifikasi SAE dan API Service.

ENEOS X PRIME diklaim mampu meningkatkan akselerasi kendaraan, mengurangi gesekan dan kebisingan mesin hingga 32 persen dalam kondisi kecepatan hingga 3,000 rpm, mengurangi getaran pada kendaraan serta telah diuji secara teknis dapat menghemat bahan bakar.

Varian ENEOS X dilengkapi dengan aditif spesial Titanium dan Molybdenum serta dikembangkan dengan riset khusus teknologi Jepang sehingga dapat memperpanjang umur mesin, memberikan perlindungan pada mesin dalam pola berkendara stop n go, serta mencegah terjadinya kondisi Low-Speed Pre-Ignition (LSPI).

ENEOS X ditargetkan untuk jenis kendaraan bertipe middle high, LCGC, hingga kendaraan bermesin turbo dan teknologi hybrid.

Baca juga: Kenali penyebab oli rembes pada mobil

Dalam memenuhi kebutuhan efisiensi bahan bakar yang diberlakukan oleh produsen mobil saat ini, ENEOS telah meningkatkan standar API Service SP ILSAC GF-6, dimana telah diuji secara teknis dapat menghemat bahan bakar hingga 2 persen.

Spesifikasi SP dirancang memberikan perlindungan terhadap penyalaan awal di putaran rendah (LSPI). Low-Speed Pre-Ignition (LSPI) adalah kondisi di mana terjadinya pembakaran abnormal pada mesin GDI (Gasoline Direct Injection) dan TGDI (Turbocharged Gasoline Direct Injection) saat mesin berakselerasi dengan cepat di RPM rendah.

ENEOS X PRIME dirancang secara khusus dan dapat mencegah kemungkinan terjadinya kondisi LSPI dengan perlindungan keausan rantai yang tahan lama, peningkatan perlindungan endapan suhu tinggi untuk piston dan turbocharger, serta kontrol lumpur dan pernis yang lebih ketat.

Varian ENEOS X PRIME sudah tersedia di bengkel-bengkel rekanan resmi ENEOS mulai Agustus 2023 di area Jabodetabek menyusul di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan wilayah lainnya. Sementara untuk ENEOS X akan mulai tersedia di bulan Oktober 2023.

Baca juga: Jangan abaikan ganti oli transmisi pada mobil manual

Baca juga: Ini efek buruk oli mesin jika tercampur air akibat terobos banjir