Pemprov Kalteng tingkatkan KAD optimalkan perdagangan komoditas bawang merah

id Pemprov kalteng, sekda kalteng, nuryakin, kad, kerja sama antar daerah, bawang merah, jawa timur, perdagangan, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng tingkatkan KAD optimalkan perdagangan komoditas bawang merah

Sekda Kalimantan Tengah Nuryakin (tengah) bersama lainnya usai penandatanganan nota komitmen bersama peningkatan Kerjasama Antar Daerah di Surabaya, (29/8/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melaksanakan penandatanganan nota komitmen bersama peningkatan Kerjasama Antar Daerah (KAD) bersama TPID Kabupaten Kotawaringin Timur dengan TPID Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur di Surabaya (29/8).

"Melalui penandatanganan ini, para pihak terlibat bersepakat untuk mengoptimalkan peran para pelaku usaha atau pedagang besar serta Bulog, dalam mendorong perdagangan antar daerah khususnya untuk komoditas bawang merah," kata Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin dihubungi dari Palangka Raya, Rabu.

Adapun penandatangan dimaksud dilakukan oleh Nuryakin, Sekretaris Daerah Probolinggo Ugas Irwanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah Taufik Saleh, Pimpinan Wilayah Bulog Kantor Wilayah Kalimantan Tengah Budi Cahyanto dan perwakilan TPID Kotawaringin Timur Bahalap Agam.

Selanjutnya untuk meningkatkan kapasitas TPID Kalimantan Tengah beserta TPID Kotawaringin Timur, sekaligus membuka peluang kerja sama antar pelaku usaha, juga dilaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas dengan narasumber, di antaranya Direktur Utama PT Jatim Grha Utama (BUMD Pangan Jawa Timur) Mirza Mutaqqien dan Direktur PT Fajar Mulia Transindo Vincent selaku importir bawang putih di Jawa Timur.

"Melalui rangkaian kegiatan tersebut, kami harapkan tidak hanya berdampak pada stabilisasi inflasi, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi Kalteng melalui penguatan kerja sama ekonomi dengan Jawa Timur utamanya sektor pangan dan olahan makanan," jelas Nuryakin.

Baca juga: Bank Kalteng raih penghargaan bergengsi pada BIFA dan Infobank Award 2023

Pada kegiatan peningkatan kapasitas tersebut, PT Jatim Grha Utama (JGU) menyampaikan proses bisnis perdaganga serta peran yang dimiliki dalam pengendalian inflasi di wilayahnya.

"Dalam sesi diskusi, PT JGU menyebutkan sudah adanya pembahasan yang mendalam antara TPID Kabupaten Sukamara dengan PT JGU terkait perdagangan komoditas," tuturnya.

Sedangkan PT Fajar Mulia Transindo melakukan knowledge sharing mengenai proses bisnis perdagangan impor bawang putih. Pada kesempatan ini, pedagang besar Kalimantan Tengah melakukan diskusi mekanisme kerjasama ke depan, untuk memperluas jaringan perdagangan ke Kalimantan Tengah.

Kedua kegiatan ini diikuti oleh peserta dari TPID Kalimantan Tengah, TPID Probolinggo, TPID Kotawaringin Timur serta para pedagang besar di Kalimantan Tengah.

Baca juga: PAUD menjadi fondasi utama membangun SDM berkualitas unggul

Baca juga: Kemenkominfo-Diskominfosantik percepat transformasi digital di Kalteng

Baca juga: Pemprov Kalteng lakukan intervensi bantuan pangan percepat penghapusan kemiskinan