Pemkab Barsel torehkan banyak prestasi dalam memajukan pembangunan

id Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Barito Selatan, barsel, kalteng, Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan

Pemkab Barsel torehkan banyak prestasi dalam memajukan pembangunan

Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan saat menjadi inspektur upacara hari jadi ke-64 kabupaten setempat, di Buntok, Kamis (21/9/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, telah berhasil meraih banyak prestasi sekaligus capaian positif dalam hal melaksanakan pembangunan, manajemen keuangan hingga peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Barito Selatan DR Deddy Winarwan saat membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran pada upacara peringatan hari jadi ke-64 kabupaten setempat, di Buntok, Kamis.

"Adapun keberhasilan itu ditandai dengan diperolehnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama enam kali berturut-turut. Ini salah satu gambaran komitmen Pemkab meningkatkan tata kelola keuangan dan pemerintahan daerah," ucapnya.

Pemkab Barito Selatan juga menerima piagam penghargaan atas komitmen pemerintah mencapai Universal Health Coverage (UHC) tahun 2023, penghargaan juara III capaian pelayanan KB sejuta akseptor terbaik dari BKKBN Kalteng, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022 sebesar 7,8 persen.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten ini juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun sampai bernilai 71,01 pada tahun 2022. Hal itu mengindikasikan pembangunan manusia di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini terus mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya.

"Peningkatan tersebut diikuti dengan peningkatan pada bidang lainnya yang diantaranya di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi," kata Deddy.

Dikatakannya, kemajuan daerah Barito Selatan hingga usianya ke-64 tahun saat ini pastinya tidak lepas dari sumbangsih para tokoh pendahulu, bupati dan wakil bupati periode sebelumnya.

Termasuk juga akademisi, dunia usaha, pers, dan elemen masyarakat," kata pria yang sudah mendapat gelar doktor ilmu kebijakan publik di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2012 lalu itu.

Oleh karena itu, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas sumbangsih para tokoh pendahulu, bupati dan wakil bupati periode sebelumnya serta akademisi, dunia usaha, pers, dan elemen masyarakat.

Deddy Winarwan juga menyampaikan, seiring pesatnya globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini, tentunya tantangan pembangunan ke depan akan lebih berat dan kompleks.

"Dalam menghadapi tantangan tersebut, kita harus terus memperkuat sinergi bersama," kata Deddy Winarwan.

Baca juga: Jadikan HUT ke-64 sebagai pemantik semakin memajukan pembangunan di Barsel

Kemudian juga lanjut dia, kita harus berani membuat lompatan-lompatan untuk memacu percepatan pembangunan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) demi kesejahteraan masyarakat. 

"Potensi daerah harus dikelola optimal dan berkelanjutan melalui hilirisasi, digitalisasi, serta pengembangan UMKM dan pariwisata," demikian Deddy Winarwan.

Upacara hari jadi ke-64 Barito Selatan yang berlangsung di halaman kantor Bupati itu dihadiri Sekda dan anggota DPRD Kalteng, Forkopimda dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat serta ketua TP PKK Barito Selatan, Erna Ardiani.

Kegiatan itu juga dihadiri mantan bupati dan mantan wakil bupati Barito Selatan serta sejumlah tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat di daerah ini.

Usai upacara, Deddy Winarwan menyerahkan sejumlah piagam penghargaan dan juga menyerahkan dua unit dump truk kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Selatan.

Baca juga: Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Barito Selatan 2023 disambut antusias

Baca juga: Berikut penjelasan DPUPR Barito Selatan tentang pengurusan izin PBG

Baca juga: Lima fraksi DPRD Barsel setuju dua raperda dibahas pada tahap selanjutnya