Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Barito Selatan 2023 disambut antusias

id Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Barito Selatan 2023 disambut antusias, kalteng, barsel, buntok, Barito selatan

Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Barito Selatan 2023 disambut antusias

Sebanyak 14 pasangan putra putri saat parade sebelum melakukan unjuk bakat pada acara pemilihan duta pariwisata di Buntok, Selasa (19/9/2023) malam. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, disambut antusias masyarakat. 

"Kegiatan pemilihan putra dan putri pariwisata ini bagian dari Festival Budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus. Kegiatan yang dilaksanakan ini untuk memeriahkan hari jadi ke-64 Kabupaten Barito Selatan,"kata Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan di Buntok, Selasa malam.

Dikatakannya, kegiatan tersebut sangat penting dilaksanakan, dalam upaya mengembangkan bakat, kreativitas dan kecerdasan generasi muda.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga untuk menanamkan kecintaan dan kepedulian generasi muda supaya berperan aktif mempromosikan kekayaan seni budaya dan pengembangan pariwisata daerah.

Oleh karena itu, selaku kepala daerah dan atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, dirinya menyambut baik, mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Barito Selatan tersebut.

Ia berharap kepada finalis putra dan putri pariwisata yang akan menjadi juara nantinya dapat mengemban tugasnya dengan baik. Mereka diminta membantu pemerintah daerah memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata kepada masyarakat luas.

Baca juga: Berikut penjelasan DPUPR Barito Selatan tentang pengurusan izin PBG

"Jadilah duta wisata yang baik, dan aktif berkarya serta berkontribusi dalam kemajuan pariwisata Barito Selatan, karena kita memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan di tempat lain," demikian Deddy Winarwan.

Acara pemilihan putra dan putri pariwisata 2023 tersebut berlangsung di arena Barsel Expo di Stadion Batuah Buntok.

Pada kegiatan tersebut, sebanyak 14 pasang putra dan putri dari Sekolah Menengah Atas (SMA) di enam kecamatan di wilayah setempat melakukan unjuk bakat di hadapan dewan juri dan penonton yang menghadiri kegiatan ini.

Pada kegiatan unjuk bakat itu, pasangan putra dan putri pariwisata Barito Selatan tahun 2023 tampil dengan mengenakan baju khas adat dayak dan memperkenalkan obyek wisata di daerah kecamatannya masing-masing dengan menggunakan bahasa daerah.

Disamping memperkenalkan obyek wisata, para peserta juga melakukan unjuk bakat dengan menari tarian khas adat Dayak Kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Adapun sebagai ketua dewan juri dalam ajang pemilihan putra dan putri pariwisata Kabupaten Barito Selatan tersebut yakni Erna Ardiani Deddy Winarwan.

Sedangkan anggota dewan jurinya terdiri dari dosen, dan putri pariwisata Kalteng yang pernah mengikuti ajang putri Indonesia serta putri pariwisata Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Barito Selatan, DR Manat Simanjuntak.

Baca juga: Lima fraksi DPRD Barsel setuju dua raperda dibahas pada tahap selanjutnya

Baca juga: Pj Bupati sampaikan dua raperda ke DPRD Barito Selatan

Baca juga: Pemkab gelar Barsel expo 2023 dan luncurkan 200 UMKM