Pemkab Kotim apresiasi Mentaya Bakul Festival bantu tingkatkan sektor UMKM

id Pemkab Kotim apresiasi Mentaya Bakul Festival bantu tingkatkan sektor UMKM, kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, Citimall Sampit, wabup kotim

Pemkab Kotim apresiasi Mentaya Bakul Festival bantu tingkatkan sektor UMKM

Wakil Bupati Irawati saat membuka Mentaya Bakul Festival 2023, Sabtu (23/9/2023) malam. ANTARA/HO-Prokopim Kotim

Sampit (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Irawati mengapresiasi kegiatan Mentaya Bakul Festival 2023 karena menjadi wadah dalam membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) meningkatkan usaha mereka. 

"Saya salut karena pesertanya merupakan pelaku UMKM lokal kita di Kotawaringin Timur. Ini tentu sangat bagus karena dapat membantu menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya UMKM," kata Irawati di Sampit, Sabtu malam. 

Apresiasi itu disampaikan Irawati saat membuka Mentaya Bakul Festival 2023 di area parkir utama Citimall Sampit. Kegiatan tahunan ini akan berlangsung hingga 3 Oktober nanti. 

Ada 75 stan berdiri dengan jumlah pelaku usaha yang tergabung sebagian besar merupakan pelaku UMKM bidang kuliner. Beragam makanan, minuman dan camilan tersedia dan siap memanjakan lidah pengunjung. Selain itu ada perusahaan otomotif, perusahaan pembiayaan dan perbankan. 

Arena Mentaya Bakul Festival langsung dipadati pengunjung yang ingin berwisata kuliner. Pengunjung sangat antusias dan senang karena tersedia meja dan kursi cukup banyak di depan stan UMKM sehingga membuat pengunjung bisa menikmati kuliner dengan suasana yang nyaman. 

Wakil Bupati Irawati pun tak mau ketinggalan. Usai membuka acara Mentaya Bakul Festival 2023, dia bersama keluarganya berbelanja kuliner di sejumlah stan UMKM. 

Dia kemudian kembali duduk di depan panggung untuk menikmati kuliner sambil menikmati hiburan musik. Irawati berbaur bersama pengunjung lainnya yang juga bersantai sambil menikmati kuliner. 

Baca juga: Bupati Kotim ajak masyarakat dukung hasil pilkades serentak

"Perlu dukungan semua pihak untuk kita bersama membantu menggerakkan perekonomian, khususnya sektor UMKM. Acara seperti ini sangat bagus dan saya mendukung digelar secara rutin dengan inovasi-inovasi lainnya agar semakin ramai," harap Irawati. 

Manajer Citimall Sampit, Norwahyudi mengatakan, Mentaya Bakul Festival menjadi agenda tetap. Acara ini sempat terhenti saat pandemi COVID-19, namun dia bersyukur acara ini bisa kembali digelar, bahkan dengan sangat meriah. 

"Dengan status endemi dimaksud, harapan kami dengan Pelaksanaan Mentaya Bakul Festival 2023 ini dapat dimanfaatkan untuk sinergitas baik dari element masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah dalam menginisiasi kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat agar mendorong perputaran modal sehingga mampu meningkatkan angka pendapatan dan peluang usaha serta terbukanya lapangan kerja baru untuk  masyarakat," harap Norwahyudi.

Mentaya Bakul Festival 2023 ini, dikemas dengan hiburan Live Music, Dance Competition, Zumba Party, Animal Show, Citimall Pop Song, Lomba Tari Kreasi Daerah, Fashion Show. Selain itu, pemilihan Miss Citimall 2023 yang terakhir kali diadakan pada 2019 lalu. 

Sementara itu, Rina salah seorang pedagang mengaku sangat senang karena pengunjung sangat banyak. Ini tentu sangat bagus bagi peserta omzet diharapkan akan tinggi. 

"Mudah-mudahan setiap hari selalu ramai pembeli hingga acara penutupan nanti. Kami berterima kasih karena acara ini sangat membantu kami pelaku UMKM. Mudah-mudahan ini terus digelar secara rutin dan semakin meriah," demikian Rina. 

Baca juga: Beri semangat mahasiswa Umsa, Bupati Kotim kenang perjuangan merintis karier

Baca juga: Pramuka diharapkan bantu wujudkan generasi emas di Kotim

Baca juga: 253 calon kepala desa bersaing di pilkades serentak Kotim