Warga negara asing kagumi produk UMKM Gunung Mas

id Warga negara asing kagumi produk UMKM Gunung Mas, kalteng, gumas, Gunung mas, Jaya s monong

Warga negara asing kagumi produk UMKM Gunung Mas

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong (kiri) memberi cendera mata kepada Charlotte dan lainnya di Kuala Kurun, Kamis (12/10/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Sejumlah warga negara asing yang tergabung dalam rombongan United Evangelical Mission (UEM), mendapat cendera mata produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, saat berkunjung ke kabupaten setempat.

Seorang warga Rwanda, Afrika, Charlotte saat dibincangi di Kuala Kurun, Kamis, mengaku kagum dengan produk UMKM yang diberikan langsung oleh Bupati Gunung Mas Jaya S Monong  kepada dirinya.

“Saya senang mendapat cendera mata yang sangat bagus ini. Di negara saya juga ada yang seperti ini, hanya saja bahannya berbeda,” ucapnya sembari menunjukkan cendera mata yang didapat.

Charlotte mendapat cendera mata berupa tas tangan berbahan kulit dan anyaman rotan, yang merupakan produk UMKM Gunung Mas. Menurut dia, ada kemiripan antara produk UMKM Gunung Mas dengan produk UMKM dari negara asalnya.

Hanya saja, jika produk UMKM Gunung Mas berbahan anyaman rotan, maka produk UMKM dari Rwanda biasanya berbahan daun pisang. Oleh sebab itu, dia mengaku senang mendapat cendera mata yang unik dari Gunung Mas.

Seorang warga Botswana, Afrika, Alberto juga mendapat cendera mata yang sama dari Bupati Gunung Mas. Cendera mata ini mengingatkan Alberto terhadap negara asalnya, karena negaranya juga memiliki produk yang mirip dengan produk UMKM Gunung Mas.

Baca juga: UEM kunjungi Gumas untuk pelajari masyarakat hukum adat dan hutan adat

Alberto mengaku senang mendapat cendera mata produk UMKM Gunung Mas, terlebih produk tersebut kental dengan nuansa budaya lokal. Diapun menyampaikan terima kasih atas cendera mata yang diberikan kepadanya.

Untuk diketahui, Charlotte dan Alberto tergabung dalam rombongan UEM, yang datang ke Gunung Mas untuk mempelajari berbagai hal terkait masyarakat hukum adat (MHA) dan hutan adat.

Rombongan UEM dijadwalkan akan berdiskusi dengan damang dan mantir, serta berkunjung ke Desa Tumbang Anoi Kecamatan Damang Batu dan Desa Tumbang Malahoi Kecamatan Rungan.

Sementara itu, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong membeberkan bahwa cendera mata yang diberikan adalah tas tangan, yang bertuliskan ‘Kabupaten Gunung Mas’ disertai bendera Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, sambung dia, memberi perhatian serius terhadap pengembangan, promosi, serta pemasaran produk UMKM lokal. Salah satunya dengan menjadikan produk UMKM lokal sebagai cendera mata, bagi tamu-tamu yang hadir.

“Untuk mendukung pemasaran produk-produk lokal kita, pemerintah kabupaten menyiapkan gedung showroom Dekranasda Gunung Mas yang terletak di Kuala Kurun. Bagi siapa saja yang ingin membeli produk khas Gunung Mas bisa berkunjung ke sana,” demikian Jaya.

Baca juga: Pemkab Gumas bantu pembangunan gedung GPdI Agape Kuala Kurun

Baca juga: Pemkab apresiasi kesiapan Polres Gumas amankan Pemilu 2024

Baca juga: Tim Desk Kalteng apresiasi keseriusan Pemkab Gumas sukseskan pemilu 2024