Spanyol segel satu tempat di Euro 2024 setelah taklukkan Norwegia

id timnas spanyol,menang atas,norwegia,piala eropa,euro 2024

Spanyol segel satu tempat di Euro 2024 setelah taklukkan Norwegia

Pemain Spanyol Alvaro Morata berbicara dengan wasit Tobias Stieler setelah golnya dianulir melalui VAR saat pertandingan kualiikasi Grup A Euro 2024 kontra Norwegia di Ullevaal Stadion, Oslo, Norwegia, Minggu (15/10/2023). ANTARA/NTB via REUTERS/Frederik Ringnes/am.

Jakarta (ANTARA) - Timnas Spanyol menyegel satu tempat di ajang Euro 2024 setelah menaklukkan Norwegia dengan skor 1-0 pada lanjutan pertandingan Kualifikasi Grup A di Stadion Ullevaal, Oslo, Senin dini hari WIB.

 

Kemenangan Spanyol pada pertandingan ini hadir berkat gol semata wayang yang dicetak gelandang Barcelona Gavi pada babak kedua, demikian catatan UEFA.
 
Kini Spanyol menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup A dengan raihan 15 poin dari enam pertandingan, memiliki poin sama dengan Skotlandia yang menempati posisi kedua.
 
Baik Spanyol maupun Skotlandia dipastikan lolos ke putaran final Euro 2024 karena torehan poin mereka tak akan bisa terkejar oleh peringkat ketiga Norwegia yang telah mengumpulkan 10 poin dan hanya menyisakan satu pertandingan tersisa.
 
Meskipun begitu, peluang Norwegia untuk melaju ke putaran final Euro 2024 melalui jalur play-off yang berdasarkan pencapaian negara pada UEFA Nations League musim lalu.
 
Pada pertandingan ini, secara statistik Spanyol unggul dalam penguasaan bola dengan 64 persen serta total melepaskan 12 tendangan yang dua di antaranya tepat sasaran.
 
Spanyol langsung mengambil inisiatif menyerang pada pertandingan ini dan namun Norwegia yang memiliki peluang terlebih dahulu melalui umpan Sander Berge yang gagal dimaksimalkan oleh Oscar Bobb.
 
Spanyol berhasil membobol gawang Norwegia pasa menit ke-20 melalui gol Alvaro Morata setelah menerima umpan dari Dani Carvajal.
 
Meskipun begitu, beberapa menit kemudian gol tersebut dianulir oleh wasit setelah berkonsultasi dengan VAR karena Morata lebih dulu berada dalam posisi offside.
 
Pada sisa waktu babak pertama, Spanyol mendominasi jalannya pertandingan dan kerap beberapa kali memberikan ancaman melalui Morata, Ferran Torres hingga Rodri, namun sampai turun minum skor sama kuat 0-0 tetap bertahan.
 
Selanjutnya pada babak kedua Spanyol kembali mampu membobol gawang Norwegia, kali ini melalui tendangan Gavi yang memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Mikel Oyarzabal pada menit 49.
 
Setelah itu wasit kembali melakukan pengecekan melalui VAR terhadap gol tersebut, namun pada akhirnya gol ini disahkan sehingga membuat Spanyol unggul 1-0.
 
Tertinggal satu gol, Norwegia berusaha keluar menyerang dan mencari gol penyeimbang, salah satunya melalui tendangan Martin Odegaard yang masih menyamping dari gawang Spanyol.
 
Jual beli serangan dari kedua tim terus terjadi, akan tetapi hingga pertandingan selesai, skor 1-0 untuk kemenangan Spanyol tetap bertahan.