Legislator Kapuas apresiasi kegiatan TMMD berjalan sukses

id Legislator Kapuas apresiasi kegiatan TMMD berjalan sukses, kalteng, kapuas, tni, tmmd

Legislator Kapuas apresiasi kegiatan TMMD berjalan sukses

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas, memberikan bantuan kepada warga dalam penutupan TMMD Kodim 1011 Kuala Kapuas di Desa Sidorejo, Kecamatan Tamban Catur, Kamis (19/10/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas  (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kunanto mengapresiasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 1011 Kuala Kapuas di Desa Sidorejo, Kecamatan Tamban Catur yang berjalan sukses secara fisik dan non fisik

"Kami dari DPRD Kapuas bangga dimana Dapil lima jadi salah satu tujuan dan lokasi dari TMMD, tentunya Pak Danrem, Pak Dandim dan seluruh Forkopimda bisa hadir di acara penutupan,” kata Kunanto, di Kuala Kapuas, Rabu.

“Kami selaku wakil rakyat dari dapil lima dan mewakili pimpinan DPRD mengucapkan terima kasih program TMMD bisa terlaksana di Desa Sidorejo," tambahnya.

Hal itu disampaikan legislator dari Partai NasDem ini, setelah menghadiri upacara penutupan TMMD ke-118 Kodim 1011 Kuala Kapuas di lapangan Desa Sidorejo, Kecamatan Tamban Catur.

Menurutnya, program ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan sangat membantu masyarakat. Bahkan jika memungkinkan, tahun depan anggaran TMMD dari pemerintah daerah bisa ditingkatkan.

"Sehingga, dapat berkelanjutan dan menyebar ke desa-desa lain di seluruh Kabupaten Kapuas," harapnya.

Baca juga: Satpol PP Kapuas tingkatkan sosialisasi cegah kenakalan remaja

Selain itu, ia juga mengapresiasi masyarakat atas kekompakan dan dukungan dalam menunjang program TMMD bisa terlaksana dengan baik.

"Pesan kami terutama tolong dijaga dan dirawat sebagaimana mestinya agar bisa bermanfaat dengan jangka waktu yang lama," pintanya.

Sebelumnya, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Bayu Permana yang sekaligus menjadi Inspektur Upacara penutupan TMMD menyampaikan, bahwa keberhasilan dalam program TMMD ke-118 tahun ini sangat penting untuk membantu masyarakat pasca COVID-19. Keberhasilan itu juga dapat menunjang ketahanan pangan melalui pembangunan berbagai infrastruktur demi lancarnya roda perekonomian.

"Pada TMMD 118 telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, di antaranya pembangunan sarana transportasi berupa jalan serta infrastruktur umum seperti sumur bor dan lainnya," kata Brigjen TNI Bayu Permana.

Selain sasaran, fisik dilaksanakan juga sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang bela negara, ketahanan pangan, stunting posyandu, Posbindu PTM dan materi bidang lainnya sesuai kebutuhan di wilayah.

"Sasaran kegiatan non fisik ini sangat penting dibutuhkan dalam rangka membangun SDM dan memperkokoh jiwa semangat nasionalisme masyarakat, serta mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan stunting dan untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan pembangunan daerah," demikian Bayu Permana.

Baca juga: Pemkab Kapuas optimalkan akses layanan sosial bagi masyarakat prasejahtera

Baca juga: Waket DPRD Kapuas minta kegiatan donor darah terus berkelanjutan

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas ingatkan masyarakat waspadai kebakaran permukiman