Penjabat Bupati menilai RSUD Kapuas secara umum sudah cukup baik

id Penjabat Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, Pj Bupati Kapuas, kapuas, kalteng

Penjabat Bupati menilai RSUD Kapuas secara umum sudah cukup baik

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi berkomunikasi dengan salah seorang pasien yang sedang mendapat pelayanan kesehatan di RSUD Kapuas, Senin (30/10/2023). ANTARA/HO-RSUD Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi menilai secara umum, alur pelayanan hingga fasilitas yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, sudah cukup baik.

Mungkin secara fisik karena gedung ini sudah lama dan perlu ada beberapa renovasi dan pembaharuan sebagai upaya memberikan kenyamanan kepada pasien yang datang untuk berobat, kata Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Senin (30/10).

"Ini tentunya menjadi perhatian supaya tetap menjaga kualitas, sarana prasarananya, kita dorong supaya menjadi lebih baik," tambahnya.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini, setelah melakukan kunjungan serta melihat secara langsung pelayanan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, didampingi Dirut RSUD Kapuas dr Agus Waluyo beserta jajaran dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kapuas.

"Selain itu, kunjungannya itu, untuk memastikan bahwa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas ini berfungsi dan berjalan dengan baik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang bermutu dan menjaga keselamatan pasien," kata Erlin Hardi.

Sementara itu, Dirut RSUD Kapuas dr Agus Waluyo mengatakan, bahwa RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas masih terus berbenah untuk selalu menyediakan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kapuas.

Seperti, lanjutnya, dengan mencari penambahan SDM kesehatan atau Dokter Spesialis yang dibutuhkan, sarana dan prasarana alat-alat kesehatan yang sesuai dengan perkembangan terbaru teknologi kesehatan supaya seluruh pasien dapat ditangani langsung di Kuala Kapuas, tanpa perlu dirujuk ke rumah sakit tetangga.

"Pasca pandemi COVID-19, RSUD Kapuas mulai mengalami peningkatan kunjungan diimbangi juga dengan peningkatan kualitas fasilitas yang ada," beber dia.

Selain itu, RSUD dr H Soemarno Sosroatmojo memiliki pelayanan kegawatdaruratan IGD 24 jam, dengan kapasitas rawat inap 151 bed / tempat tidur mulai dari kelas VIP, kelas I, kelas II dan kelas III. Saya rasa fasilitas yang ada disini sudah cukup lengkap dan nyaman," beber dia.

Baca juga: Generasi muda di Kalteng diajak mengenal Food Estate di Kapuas

Kemudian, rata-rata setiap hari ada dua ratusan pasien yang datang untuk berobat. Pihaknya melayani pasien umum, asuransi JKN / BPJS dan juga seluruh masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan lanjutan yang dirujuk atau tidak bisa dilaksanakan di fasyankes tingkat pertama atau puskesmas.

"Jadi, saya rasa fasilitas yang ada di RSUD) dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sudah cukup lengkap dan nyaman," demikian Agus Waluyo.

Baca juga: Wagub Kalteng sebut Sumpah Pemuda bangkitkan semangat kolaborasi dalam pembangunan

Baca juga: Pj Bupati Kapuas: Sumpah Pemuda momentum tingkatkan semangat bawa Indonesia semakin maju

Baca juga: Masyarakat Kapuas diajak prioritaskan produk lokal