Kalimantan Tengah raih Penghargaan Reforma Agraria 2023 dari Kemenko Perekonomian

id pemprov kalteng, kalteng raih penghargaan reforma agraria, agraria, gubernur kalteng, sugianto sabran, kemenko perekonom

Kalimantan Tengah raih Penghargaan Reforma Agraria 2023 dari Kemenko Perekonomian

Pelaksana Harian Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kalimantan Tengah, Herson B. Aden (kanan bawah) bersama sejumlah Menteri dan lainnya saat Rakornas Reforma Agraria 2023, Jakarta, Selasa (31/10/2023). (ANTARA/HO-Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Provinsi Kalimantan Tengah menerima Anugerah Penghargaan Reforma Agraria 2023 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) berupa  penghargaan terbaik dua untuk Kategori Pelepasan Tanah dari Kawasan Hutan pada 2020-2023.

Pelaksana Harian Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kalimantan Tengah, Herson B. Aden dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Selasa, mengatakan penghargaan tersebut diterimanya mewakili Gubernur Kalimantan Tengah dalam rapat koordinasi nasional Reforma Agraria di Jakarta Selatan.
 
“Bapak Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran terus mendukung Program Reforma Agraria, serta berkomitmen terus mendukung dan berkontribusi dalam menyukseskannya," tegas Herson.
 
Adapun hasil pemberian Anugerah tersebut untuk Kategori Realisasi Tanah dari Pelepasan Kawasan Hutan 2020-2023, terbaik pertama diraih Kalimantan Barat, disusul Kalimantan Tengah dan terbaik ketiha diraih oleh Riau.
 
Untuk kategori Legalisasi Aset Tanah Transmigrasi 2015-2023, terbaik pertama diraih Kalimantan Selatan yang disusul Lampung serta Riau.
 
Untuk kategori lain, yakni Penataan Akses 2021-2023 terbaik pertama adalah Jawa Barat, disusul Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

Baca juga: DPMD Kalteng-Kemendagri berkolaborasi sukseskan P3PD

Terakhir, untuk kategori Gugus Tugas Reforma Agraria Terbaik 2021 -2023 yang berhasil dicapai oleh Jawa Barat sebagai terbaik pertama, serta disusul Aceh dan Jambi.

"Dukungan terhadap Reforma Agraria di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah tersebut, menjadi salah satu upaya bersama pemerintah pusat dan daerah dalam kolaborasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Sementara itu dalam rangkaian kegiatan rakornas tersebut, juga dilaksanakan kick off Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria.

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan perpustakaan sekolah pacu pembangunan literasi masyarakat

Baca juga: Wagub Kalteng minta media penyiaran jadi katalisator pesan baik dalam pemilu

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan TKSK tangani Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial