Penjabat Bupati Barsel siap jalankan tujuh perintah presiden

id Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Deddy Winarwan, Barito Selatan, pj bupati Barito Selatan, barsel, kalteng

Penjabat Bupati Barsel siap jalankan tujuh perintah presiden

Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan berjabat tangan dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo usai acara rapat koordinasi. ANTARA/HO-Dokumentasi Deddy Winarwan.

Buntok (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Deddy Winarwan menegaskan bahwa dirinya beserta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten setempat, sudah mempersiapkan berbagai langkah dalam menjalankan seluruh perintah Presiden Indonesia Joko Widodo.

"Perintah presiden yang disampaikan dalam rapat koordinasi dengan 197 penjabat gubernur dan Wali Kota beserta Bupati pada tanggal 30 November 2023 itu, siap kami dilaksanakan," kata Deddy melalui rilis diterima di Buntok, Rabu.

Adapun langkah-langkah yang telah diambil Pemkab Barsel untuk mengendalikan inflasi yakni, melaksanakan pasar murah, Inspeksi mendadak (sidak) harga-harga sembako di pasar dan pemberian bantuan sembako bagi masyarakat miskin yang disebarkan ke enam kecamatan di daerah ini.

"Kegiatan ini bertujuan menyediakan sembako dengan harga murah, meminimalisir dan mengendalikan stok pangan yang ada, serta membantu daya beli masyarakat, sehingga tidak terjadi inflasi," ucap Deddy.

Selain menggelar Pasar Murah, sidak harga-harga sembako di pasar dan pemberian bantuan sembako bagi masyarakat miskin, Pemkab Barsel juga mendorong penciptaan lumbung pangan bagi daerah seperti di Desa Tabak Kanilan dan Desa Muka Haji, Kecamatan Gunung Bintang Awai, serta di Desa Damparan Kecamatan Dusun Hilir,

Deddy yang juga menjabat sebagai Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjen Otda Kemendagri ini mengatakan, kewaspadaan terhadap kebakaran hutan dan lahan, Pemkab Barsel mengantisipasi dengan menggerakkan BPBD untuk terus berkolaborasi dengan TNI dan Polri serta MPA beserta seluruh elemen masyarakat yang ada di Barito Selatan ini.

Baca juga: Pemkab Barito Selatan-ANTARA tingkatkan sinergi, wujudkan pembangunan semakin baik

"Mengenai netralitas ASN Pemkab Barsel menjelang pemilu, kami telah membuat instruksi khusus melalui Surat Edaran Bupati kepada ASN, agar selalu bersikap netral serta meminta tidak menyebarkan berita bohong dan hoax," ucapnya.

Sedangkan untuk suksesnya pelaksanaan pemilu, pemerintah kabupaten Barito Selatan telah mengalokasikan anggaran hibah kepada dua lembaga yakni KPU dan Bawaslu setempat.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan dukungan kepada KPU dan Bawaslu Barito Selatan dalam menyukseskan pemilu 2024 mendatang," tutup Deddy.

Baca juga: Tarian budaya asal Barsel raih runner up International Folk Dance Festival di India

Baca juga: Pj Bupati minta masyarakat Barito Selatan jaga stabilitas politik jelang pemilu

Baca juga: DPRD Barsel: Pembahasan pajak dan retribusi daerah perhatikan kemampuan masyarakat