Juventus bawa pulang kemenangan dari lawatan ke markas Fiorentina

id Juventus,fiorentina

Juventus bawa pulang kemenangan dari lawatan ke markas Fiorentina

Pemain Fiorentina Nicolas Gonzalez berduel dengan pemain Juventus Filip Kostic pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Artemio Franchi, Florence, Minggu (5/11/2023). ANTARA/REUTERS/Jennifer Lorenzini.

Jakarta (ANTARA) - Juventus membawa pulang kemenangan 1-0 dari lawatannya ke markas Fiorentina, Stadion Artemio Franchi, Florence pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan pada Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Juve tetap menempel ketat pemuncak klasemen Inter Milan. Bianconerrimenghuni peringkat kedua klasemen dengan 26 poin, tertinggal dua poin dari Inter. Sedangkan Fiorentina tertahan di posisi kedelapan dengan 17 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Gol semata wayang Juventus dicetak oleh Gabio Miretti pada menit kesepuluh, yang juga sekaligus menjadi gol pertamanya untuk klub asal Turin tersebut.

"Saya gembira karena telah lama saya menantikannya, dan akhirnya hal itu terjadi. Saya harap (gol-gol) lainnya akan segera datang," kata Miretti seperti dikutip AFP.

Di kota Floence yang menjadi markas Fiorentina terjadi protes sebelum pertandingan berlangsung. Para penggemar Fiorentina serta Walikota Florence telah meminta pertandingan kontra Juventus diundur karena adanya kerusakan serius du sejumlah wilayah Tuscany akibat Badai Ciaran.

Otoritas Italia mendeklarasikan situasi darurat pada Jumat (3/11), ketika hujan deras berbuntut pada banjir di sejumlah wilayah dan sebanyak tujuh orang menjadi korban jiwa.

Para penggemar Fiorentina garis keras bahkan memilih untuk tidak menghadiri laga ini, padahal pertandingan kontra Juve kerap dianggap mereka sebagai pertandingan terpenting dalam semusim.

Pada pertandingan Liga Italia lainnya, AS Roma bangkit dari ketertinggalan dan membalikkan keadaan di menit-menit akhir saat menjamu Lecce untuk menang dengan skor 2-1.

Roma asuhan Jose Mourinho dibuat terkejut saat Pontus Almqvist membawa Lecce memimpin pada menit ke-71.

Giallorossi kemudian menyamakan kedudukan saat Sardar Azmoun menanduk bola untuk menjadi gol pada menit ke-91. Itu sekaligus merupakan gol pertama Azmoun di Liga Italia.

Romalu Lukaku yang sempat disalahkan akibat gagal mengonversi penalti pada menit keenam serta membuang peluang emas pada fase awal pertandingan, akhirnya menjadi penyelamat Roma dengan golnya memanfaatkan umpan Paulo Dybala pada menit ke-97.

Roma menghuni posisi ketujuh, dengan 17 poin dan tertinggal empat poin dari zona Liga Champions. Sedangkan Lecce berdiri di posisi ke-11 dengan 13 poin.

Cagliari meninggalkan zona degradasi berkat kemenangan beruntun kedua mereka, yakni kemenangan 2-1 atas sesama tim promosi Genoa.

Klub asuhan Claudio Ranieri itu unggul satu poin atas Verona, yang masuk ke zona degradasi setelah takluk 1-3 dari tamunya Monza.