Legislator minta program bantuan bibit ikan bagi pembudidaya ditingkatkan

id dprd seruyan, legislator seruyan, nardi, bantuan bibit ikan, budi daya ikan seruyan, nelayan seruyan, kuala pembuang, seruyan

Legislator minta program bantuan bibit ikan bagi pembudidaya ditingkatkan

Legislator Kabupaten Seruyan Nardi. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Nardi meminta Dinas Perikanan memperhatikan dan meningkatkan program bantuan bibit ikan bagi masyarakat atau kelompok pembudidaya ikan.
 
"Saat kami reses di Daerah Pemilihan (Dapil) III banyak masyarakat setempat mengusulkan bantuan bibit ikan, karena dari segi wilayah juga di Dapil III mempunyai potensi yang sangat besar,” kata Nardi di Kuala Pembuang, Selasa.
 
Dia mengatakan, sektor perikanan sangat potensial, namun petani ikan di wilayah setempat juga memerlukan bibit jenis ikan lainnya, sehingga dengan banyaknya jenis ikan yang dibudidayakan dapat meningkatkan penjualan.
 
"Untuk perikanan sebenarnya potensial, karena masyarakat juga banyak yang membuat kolam ikan. Memang kendala di sana ada pada bibit ikan itu sendiri, bibit memang ada tapi ikan lokal saja," terangnya.

Baca juga: DPRD Seruyan minta program infrastruktur terus ditingkatkan
 
Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini mengatakan, jika berbicara bibit tentunya yang harus diperhatikan adalah pakan, sehingga nelayan dapat dengan mudah untuk mengelolanya.
 
Hal tersebut juga nantinya bisa mendongkrak hasil perikanan masyarakat atau para petani ikan yang ada di wilayah Dapil III tersebut.
 
Maka dirinya berharap agar hal ini juga bisa diperhatikan oleh Pemkab Seruyan melalui dinas terkaitnya sehingga bisa meningkatkan bantuan bibit ikan untuk masyarakat pembudidaya di wilayah setempat.
 
Dia juga berharap para pembudidaya agar sungguh-sungguh dalam pengelolaannya, sehingga bantuan yang diberikan dapat memberi manfaat maksimal sesuai dengan yang diharapkan.
 
"Kalau yang ada sekarang paling seperti jenis ikan lele, patin dan nila. Padahal masih banyak potensi ikan jenis lainnya yang bernutrisi tingg, sehingga ini nantinya bekerja sama bagaimana cara agar bisa mengalokasikan bibit untuk para petani ikan," demikian Nardi.

Baca juga: Polres Kapuas ringkus seorang curanmor asal Kaltim di Seruyan

Baca juga: Wagub Kalteng: Kerja sama PBS-Koperasi di Seruyan diharap sebagai 'role model'

Baca juga: Pelabuhan perikanan di Seruyan jadi pusat pengembangan masyarakat nelayan