Kadisdik Palangka Raya: "Kampus Mengajar" beri kesempatan siswa belajar di luar kelas

id Disdik Palangka Raya,kamus mengajar,Jayani,Pemkot Palangka Raya

Kadisdik Palangka Raya: "Kampus Mengajar" beri kesempatan siswa belajar di luar kelas

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) -  Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Jayani mengatakan program kampus mengajar sebuah edukasi belajar yang mampu memberikan kesempatan bagai para siswa belajar di luar kelas. 

"Kampus mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di luar kelas, selama satu semester.  Dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif serta inovatif di satuan pendidikan sasaran," katanya.

Sasaran program kampus mengajar tersebut, kata Jayani, yakni SDN-1 Tanjung Pinang, SDN-3 Panarung, SDN-3 Petuk Katimpun, SDN-3 Tangkiling, SMP Nathania, SMP Nasional dan SMP Satu Atap 9 Palangka Raya, kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani di Palangka Raya.

Jayani mengungkapkan, dalam program tersebut peserta terlibat langsung sebagai mitra guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan di sekolah sasaran dalam menyusun serta melaksanakan strategi pembelajaran di sekolah, berkontribusi secara langsung sebagai agen perubahan dalam pendidikan Indonesia.

Hal tersebut juga untuk mengasah jiwa kepemimpinan, pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, berpikir analitis, kreativitas dan inovasi langsung dari lapangan. Peserta juga dapat menambah jejaring pertemanan dengan sesama mahasiswa di sekolah penempatan.

Menurutnya, hal itu sangat sejalan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya yang terus berkomitmen mendukung program pemerintah pusat, terlebih di dunia pendidikan.

"Dukungan itu merupakan sinergi secara konkret dalam perwujudan Implementasi kemajuan daerah setempat melalui 'Smart Environment' (Lingkungan Cerdas) dan masyarakat 'Smart Society' (Masyarakat Cerdas). Selain itu mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui 'Smart Economy' (Ekonomi Cerdas),” ungkap Jayani.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya itu juga menegaskan, kampus mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan berbagai keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran.

”Juga menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah," bebernya.