DPKUKMP Palangka Raya beri pelatihan manajerial ke pengurus koperasi

id DPKUKMP Palangka Raya,Samsul Rizal ,Koperasi ,Pelatihan Koperasi se-Kalteng

DPKUKMP Palangka Raya beri pelatihan manajerial ke pengurus koperasi

DPKUKMP Kota Palangka Raya melaksanakan pelatihan manajerial bagi pengurus koperasi se-kota setempat yang dilaksanakan disalah satu hotel yang ada di daerah setempat, Kamis (23/11/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memberikan pelatihan manajerial terhadap pengurus koperasi se-kota setempat untuk meningkatkan kapasitas pengurus.

Kepala DPKUKMP Palangka Raya, Samsul Rizal di Palangka Raya, Kamis, mengatakan Pemkot Palangka Raya juga telah memberikan perhatian yang cukup besar kepada koperasi-koperasi yang ada di daerah setempat salah satunya program pemberian laptop, pelatihan-pelatihan tentang koperasi baik manajemen keuangan, akuntansi dan perkoperasian yang diharapkan agar peningkatan kapasitas pengurus.

"Koperasi yang berimbas kepada sistem tata kelola koperasi dan pertanggungjawaban keuangan koperasi menjadi lebih baik sehingga bisa lebih banyak memberikan manfaat kepada anggota koperasi," kata Samsul Rizal.

Dia menuturkan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan pelatihan terhadap pengurus koperasi dan langsung bertemu secara tatap muka.

Pelatihan manajerial tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palangka Raya program pendidikan dan pelatihan perkoperasian bagi koperasi yang ada di daerah setempat.

Selain itu, kebijakan dan program yang mendukung transformasi koperasi juga dilakukan melalui program modernisasi koperasi, penguatan pengawasan koperasi, pembiayaan penjaminan koperasi dan pengembangan SDM perkoperasian.

Dalam upaya modernisasi koperasi, pemerintah telah mengimplementasikan koperasi multi pihak, mendorong kemitraan dan juga digitalisasi.

"Perlu adanya perubahan mindset pada generasi milenial dan juga masyarakat terhadap koperasi. Tata kelola koperasi juga harus inovatif dan adaptif dengan perkembangan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat," ungkapnya.

Ditambahkan, pelatihan manajerial koperasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus, pengelola dan pengawas koperasi dalam manajerial koperasinya.

Dari segi peserta diharapkan koperasi yang mengikuti pelatihan ini mengalami peningkatan omset, aset dan tenaga kerja perluasan pangsa pasar dan peningkatan ekonomi bagi pelaku koperasi.

"Atas nama Pemkot Kota Palangka Raya saya selaku kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya berharap peserta pelatihan dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik. Marilah Kota Palangka Raya ini kita bangun tata dan jaga," demikian Samsul Rizal.