Palangka Raya jadi rujukan Pemkot Malang atasi stunting

id Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kalteng, Plh Sekda Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan

Palangka Raya jadi rujukan Pemkot Malang atasi stunting

Plh Sekda Kota Palangka Raya Sahdin Hasan bertukar cinderamata dengan Pemkot Malang di Palangka Raya, Jumat (24/11/2023). ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dijadikan rujukan oleh Pemkot Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim), dalam upaya mencegah dan menangani stunting.

Plh Sekda Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan di Palangka Raya, Jumat menjelaskan bahwa selain untuk meningkatkan tali silaturahmi, pertemuan ini juga membahas berbagai program pemerintah, khususnya peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Palangka Raya saat ini, kami berfokus pada program pengentasan kemiskinan ekstrem dan penanganan stunting," kata Sahdin.

Dia menerangkan, diantara program Pemkot Palangka Raya dalam penanganan stunting adalah menerapkan intervensi spesifik terhadap para penderita stunting di daerah setempat.

Dilakukan dengan memberikan bantuan makanan bergizi bagi anak-anak berisiko stunting, kemudian juga memaksimalkan peran kader dan petugas kesehatan dalam mengedukasi dan menyosialisasikan program pencegahan dan penanganan stunting.

"Pemkot sendiri menjamin kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program salah satunya yaitu program BPJS Kesehatan gratis khususnya bagi seluruh warga yang masuk kategori kurang mampu," kata Sahdin.

Baca juga: Satpol PP Palangka Raya amankan belasan pelajar nongkrong di kafe

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya, Nur Widiantoro yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, masyarakat Kota Palangka Raya menganut berbagai agama dan kerukunan antar umat beragama di kota setempat terus terpelihara dengan baik.

"Sikap toleransi dan saling menghargai antar umat beragama di Kota Palangka Raya ini sangat tinggi. Bahkan ada beberapa Gereja dan Masjid bangunannya hanya bersebelahan tembok, sikap toleransi, saling menghargai dan saling menghormati inilah yang mendorong masyarakat mampu hidup rukun damai dan sejahtera," kata Nur Widiantoro.

Sebagai simbol jalinan silaturahmi, di sesi akhir kegiatan kunker ini, Pemerintah Kota Palangka Raya dan Pemerintah Kota Malang saling bertukar cindera mata.

Baca juga: Puskesmas di Palangka Raya diminta rutin laksanakan Germas

Baca juga: Nelayan di Palangka Raya diimbau selalu waspada saat musim hujan

Baca juga: Warga diminta waspadai penipuan berkedok surat tilang ETLE via whatsApp