Nelayan di Palangka Raya diimbau selalu waspada saat musim hujan

id DPRD Palangka Raya,Kalteng,Nenie Adriati Lambung ,Nelayan

Nelayan di Palangka Raya diimbau selalu waspada saat musim hujan

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie Adriati Lambung. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan tengah Nenie Adriati Lambung mengimbau kepada para nelayan agar waspada beraktivitas saat musim penghujan seperti sekarang ini.

"Saya mengimbau pentingnya kewaspadaan ekstra dalam menjalankan kegiatan menangkap ikan, karena cuaca bisa tiba tiba hujan disertai angin kencang dan petir yang bisa membahayakan keselamatan nelayan di perairan," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dia menuturkan, ketika hujan deras mengganggu aktivitas penangkapan ikan, para nelayan diminta untuk menepi. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya insiden yang tidak diinginkan, seperti perahu karam atau terbalik akibat cuaca buruk.

"berhati-hatilah ketika mengarungi sungai untuk menangkap ikan, pastikan cuaca cukup cerah dan kondusif untuk mencegah hal hal yang tidak kita inginkan tentunya," bebernya.

Ditegaskan nya lagi, dengan memperhatikan cuaca sebelum mengarungi sungai diharapkan sebagai upaya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan nelayan saat melakukan aktivitas penangkapan ikan di sungai.

"Apabila hujan aktivitas menangkap ikan tidak maksimal karena ikan kondisinya licin, maka dari itu perhatikan cuaca sebelum menangkap ikan juga tak kalah penting," bebernya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sampai saat ini aktivitas nelayan di sungai saat ini tetap berjalan lancar dan tidak ada gangguan seperti yang selama ini dikhawatirkan.

Namun tidak ada salahnya para nelayan meningkatkan kewaspadaan saat melaksanakan aktivitasnya itu.