DPRD Barito Selatan ajak generasi muda lestarikan budaya daerah

id dprd barito selatan, sudiarto, budaya barsel, tradisi barsel, buntok, barsel, barito selatan

DPRD Barito Selatan ajak generasi muda lestarikan budaya daerah

Anggota DPRD Barito Selatan, Sudiarto. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Buntok (ANTARA) -
Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Sudiarto mengharapkan generasi muda di wilayah setempat dapat melestarikan budaya daerah.
 
"Pelestarian seni dan budaya tersebut sangat penting, agar seni dan budaya yang ada di daerah ini bisa terus ada di tengah masyarakat," katanya di Buntok, Selasa.
 
Dikatakannya, budaya atau tradisi adalah sebuah kekayaan yang bernilai, bisa berbentuk musik, benda, tarian hingga bahasa.
 
"Seni dan budaya selalu dimiliki setiap wilayah serta merupakan peninggalan dari leluhur," ucap politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Selatan tersebut.

Baca juga: Komisi III DPRD Barsel minta pendirian BUMDes mengacu potensi daerah
 
Untuk itu, ia mengharapkan kepada generasi muda agar berperan dalam melestarikan seni dan budaya tersebut. Karena lanjut dia, bertahan atau sirnanya suatu budaya bergantung pada perlakuan masyarakat.
 
"Semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk melestarikan budaya, maka tradisi tersebut pasti akan bertahan," tambah Anggota DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Barsel itu.
 
Dia menyampaikan, cara dalam upaya melestarikan budaya tersebut yakni aktif dalam kegiatan kebudayaan untuk terus menjaga eksistensi sebuah tradisi.
 
Kemudian lanjut dia, meningkatkan kompetensi budaya yakni dengan meningkatkan pengetahuan tentang budaya. Di tengah arus globalisasi saat ini, generasi muda harus memiliki kesadaran tinggi terhadap budaya.
 
"Kita mengharapkan kepada pemerintah kabupaten agar mendukung, supaya seni dan budaya di kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini bisa terus ada di tengah masyarakat," demikian Sudiarto.

Baca juga: DPRD Legislator Barsel minta program peningkatan kreatifitas pemuda terus dilaksanakan

Baca juga: Masyarakat Barsel diajak tingkatkan semangat gotong royong majukan daerah

Baca juga: DPRD apresiasi Pj Bupati Barsel raih penghargaan dari Wakil Presiden