Komisi III DPRD Barsel minta pendirian BUMDes mengacu potensi daerah

id dprd barito selatan, komisi III dprd barsel, hermanes, bumdes barsel, buntok, barsel, barito selatan

Komisi III DPRD Barsel minta pendirian BUMDes mengacu potensi daerah

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Hermanes mengharapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di desanya masing-masing.
 
"Karena sebagian pemerintahan desa yang mendirikan BUMDes, tanpa terlebih dahulu melihat potensi dan kebutuhan prioritas masyarakat di desanya," katanya di Buntok, Selasa.
 
Dikatakannya, kalau tidak melihat potensi SDA dan potensi lainnya yang ada di desa, maka BUMDes yang dibangun tidak akan bisa ikut berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa.
 
Untuk itu Hermanes meminta kepada pemerintahan desa sebelum mendirikan BUMDes terlebih dahulu melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun potensi lainnya yang bisa dikembangkan dan diperlukan masyarakat.
 
Ia mencontohkan, seperti pada suatu desa yang memiliki potensi hasil pertanian dan perkebunan, maka sangat diperlukan BUMDes dalam bidang usaha pupuk dan obat-obatan pertanian.
 
"BUMDes yang didirikan juga bisa menampung hasil pertanian untuk selanjutnya dipasarkan, sehingga keberadaannya dapat membantu masyarakat desanya," ucap Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan ini.

Baca juga: DPRD Legislator Barsel minta program peningkatan kreatifitas pemuda terus dilaksanakan
 
Selain itu, ia mengajak kepala desa beserta aparatur agar betul-betul dalam mengelola BUMDes, sehingga bisa berjalan dengan baik guna memajukan desanya masing-masing.
 
Sebab kata dia, keberadaan BUMDes memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan memajukan desanya.
 
"Potensi-potensi yang ada di desa, seperti sektor pertanian, perkebunan dan perikanan dan bidang lainnya yang jika didukung oleh BUMDes, maka sektor tersebut akan bisa semakin maju," ucapnya.
 
Demikian halnya dengan potensi lainnya yang apabila dikembangkan dengan baik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
 
"Dengan begitu, disamping berperan membantu masyarakat, BUMDes yang dibangun secara otomatis akan mengalami kemajuan dan berjalan sesuai dengan harapan bersama masyarakat di desanya masing-masing," demikian Hermanes.

Baca juga: Masyarakat Barsel diajak tingkatkan semangat gotong royong majukan daerah

Baca juga: DPRD apresiasi Pj Bupati Barsel raih penghargaan dari Wakil Presiden

Baca juga: Legislator Barsel sebut masyarakat di dua kecamatan harapkan dukungan dalam bidang pertanian