UMPR Gelar Student Idea Fest UMPR 2023 & Youth Talk di Kabupaten Katingan

id umpr,katingan,kasongan

UMPR Gelar Student Idea Fest UMPR 2023 & Youth Talk di Kabupaten Katingan

UMPR Gelar Student Idea Fest UMPR 2023 & Youth Talk di Kabupaten Katingan, Selasa (28/11/2023) (ANTARA/HO-UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) - Kegiatan yang digelar, Selasa 28 November di Kabupaten Katingan ini di hadiri langsung Pj Bupati Katingan Saiful, Forkompimda dan kepala OPD di kabupaten setempat. Peserta dalam kegiatan ini kurang lebih 750 peserta yg terdiri dari 600 lebih siswa SMA/SMK/MA se Kabupaten Katingan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Kampus II kasongan dan pelaku UMKM setempat.

"Kegiatan merupakan ajang pertukaran informasi dan pengalaman dan pengetahuan para siswa dan mahasiswa yg di balut dengan konsep yang free and fun sesuai dengan passion anak" muda saat ini sehingga tetap serius dan menggembirakan," kata Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf, di Kasongan.

Selain itu ini juga diselenggarakan Talk Show antara PJ Bupati katingan bersama para siswa di Kabupaten Katingan, Kadisdik Kab Katingan, mahasiswa berprestasi dan alumni UMPR di Kampus II Kasongan.

"Kegiatan Student Idea Fest UMPR ini merupakan kegiatan yang akan diselenggarakan di 14 kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah dan mendapatkan dukungan dari Pemprov melalui Dinas Pendidikan Kalteng," katanya.
UMPR Gelar Student Idea Fest UMPR 2023 & Youth Talk di Kabupaten Katingan, Selasa (28/11/2023) (ANTARA/HO-UMPR)
UMPR berkomitmen untuk senantiasa mendukung Pemerintah Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan terus melakukan terobosan-terobosan yang akan memfasilitasi para siswa/i yang memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi, sehingga secara perlahan tapi pasti akan menghapus stigma bahwa Kuliah itu sulit dan mahal.

Dalam kegiatan ini menampilkan berbagai macam kreatifitas para siswa dan mahasiswa seperti seni musik, tarian tradisional, musikalisasi puisi dan drama. Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan bazar yang menyajikan produk olahan makanan dari para siswa dan mahasiswa, serta kerajinan tangan yang di tampilkan oleh kelompok pelaku UMKM Kab Katingan.

Selain pentas seni dan bazar, kegiatan ini juga di isi dengan Talk Show. Dalam talk show tersebut, PJ Bupati Katingan Saiful menyampaikan bahwa pemerintah daerah kabupaten katingan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan UMPR.

Melalui kegiatan ini dia berharap agar kelak generasi muda Kabupaten Katingan dapat terinspirasi untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi sehingga ke depan generasi muda Kabupaten Katingan menjadi SDM yang lebih unggul dan berkompeten dalam menghadapi persaingan global.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk terus mendukung program-program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM Kab Katingan.

"Salah satunya melalui kerjasama dengan UMPR dalam memfasilitasi Generasi muda Kabupaten Katingan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan mungkin S2," kata Sauful.

Kadisdik Katingan, menyampaikan bahwa hubungan antara pemerintah daerah Kabupaten Katingan dan UMPR sejatinya telah memiliki ikatan emosional yang sangat erat, dimana banyak alumni-alumni UMPR yang juga merupakan putra daerah Kabupaten Katingan hari ini yang berkarir di lingkungan pemerintah setempat.

Bahkan juga banyak yang menduduki posisi-posisi yang cukup strategis, ini menunjukkan bahwa generasi muda Katingan merupakan generasi yang unggul dan mampu bersaing.

Salah satu peserta kegiatan yang bernama Dani, siswa dari SMAN 2 Katingan merasa senang mengikuti kegiatan ini.

"Kami dan teman-teman merasa sangat senang mengikuti kegiatan hari ini, banyak hal yang kami dapatkan terutama informasi mengenai UMPR dan pentingnya melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi," katanya.

Selain itu, dia bersama teman-teman dari seluruh SMA di Kabupaten Katingan di satu tempat sehingga menambah pengalaman dan teman-teman baru.