Pemkab Gunung Mas tingkatkan kapasitas IPA PDAM di Kurun

id Pemkab gunung mas, Bupati gumas, jaya s momong, IPA pdam kuala kurun, air bersih, gunung mas, kuala kurun, gumas

Pemkab Gunung Mas tingkatkan kapasitas IPA PDAM di Kurun

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menandatangani prasasti peresmian IPA baru di Kuala Kurun, Selasa (12/12/2023).  (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas debit 25 liter per detik di IPA 2 Kuala Kurun, Kecamatan Kurun.
 
Pembangunan tersebut bertujuan meningkatkan mutu pelayanan air bersih kepada masyarakat, ucap Bupati Gunung Mas Jaya S Monong saat meresmikan bangunan di Kuala Kurun, Selasa.
 
“Kita bersyukur IPA dengan kapasitas debit 25 liter per detik telah terbangun. Pembangunan IPA baru ini menggunakan APBD Gunung Mas tahun anggaran 2023,” sambungnya.
 
Orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini berharap ke depan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gunung Mas bisa mengalir lancar 24 jam kepada masyarakat, dalam hal ini para pelanggan.
 
Di sisi lain, Jaya meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bersama PDAM Gunung Mas,m mengawasi dan memelihara IPA baru yang merupakan aset daerah, supaya pengoperasiannya berjalan lancar dan maksimal serta berdampak positif bagi masyarakat.

Baca juga: Pemkab relokasi sejumlah pedagang ke Pasar Tradisional Dermaga Kuala Kurun
 
Sementara itu, Kepala DPU Gunung Mas Baryen mengatakan pembangunan IPA baru, yang terletak di wilayah Kelurahan Kuala Kurun, menelan anggaran sekitar Rp3,9 miliar.
 
Sebelumnya kapasitas IPA 2 adalah 25 liter per detik. Dengan adanya IPA baru yang juga memiliki kapasitas 25 liter per detik, maka IPA 2 saat ini memiliki kapasitas 50 liter per detik. Di IPA 1, yang terletak di Jalan KORPRI Kuala Kurun, memiliki kapasitas 10 dan 5 liter per detik.
 
Lainnya, Direktur PDAM Gunung Mas, Hendra Toendan menyampaikan bahwa penambahan kapasitas ini akan meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan di wilayah Kelurahan Kuala Kurun, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, dan sekitarnya.
 
“Pelayanan pasti akan meningkat, karena kapasitas debit air sudah meningkat,” demikian Hendra Toendan.

Baca juga: Kejari Gunung Mas selamatkan Rp5,2 miliar uang negara

Baca juga: Mentan optimis lahan 600 Ha Food Estate di Gumas tertangani dengan baik

Baca juga: Bupati Gumas tanam bugenvil dukung Desa Wisata Hurung Bunut