5 makanan lezat kaya vitamin E untuk kulit sehat dan bersinar

id Vitamin e,makanan lezat,Kulit sehat,kulit bersinar

5 makanan lezat kaya vitamin E untuk kulit sehat dan bersinar

Ilustrasi makanan sehat (ANTARA/Pexels/Akshata Bablad)

Jakarta (ANTARA) - Menggunakan berbagai produk perawatan kulit tentu sangat baik untuk mendapatkan kulit sehat dan bersinar, namun, memberi makan kulit dari dalam adalah kunci utama, yakni dengan makanan kaya akan vitamin E.

Menerapkan makanan kaya vitamin E ke dalam diet harian tidak hanya mempromosikan kulit bersinar tetapi juga kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Berikut lima makanan lezat tinggi vitamin yang dapat menjanjikan kulit berkilau alami, dilaporkan Timesofindia, Sabtu (16/12).

1. Bayam

Bayam bukan hanya untuk Popeye. Dikemas dengan vitamin dan mineral penting, terutama vitamin E, bayam dapat mendukung sistem kekebalan kulit, menjaga penyakit dan mencegah kerusakan.

Sayuran hijau itu mengandung serangkaian nutrisi, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, folat, dan kalium. Setidaknya sebanyak dua miligram vitamin E terkandung dalam porsi bayam 100 gram, memastikan kulit tetap terhidrasi dan mengurangi garis-garis halus.

Baca juga: BRIN: Mengatasi masalah stunting dengan konsumsi mineral seng

2. Alpukat

Dengan 2.07 miligram vitamin E per 100 gram, buah yang serbaguna dan lembut itu juga memberikan dosis vitamin C dan kalium.

Sihir alpukat terletak pada sifat anti-penuaan, mengurangi keriput dan bintik-bintik usia. Diisi dengan vitamin penting seperti A, C, dan E, bersama dengan asam oleat dan linoleat, alpukat bekerja keajaiban untuk mempertahankan kulit awet muda.

3. Almond

Ucapkan selamat tinggal pada kulit kering dengan membuat almond menjadi bagian dari diet harian. Dengan 25,63 miligram vitamin E per 100 gram, almond menawarkan lebih dari sekedar manfaat kulit yang mendalam.

Dikemas dengan protein, serat, kalium, dan magnesium, kacang-kacangan itu berkontribusi pada kulit yang indah dan bersinar sambil memberikan sifat antioksidan yang memerangi radikal bebas dalam tubuh.

Baca juga: Kombinasi Omega-3 dan Vitamin E bisa tingkatkan kesehatan jantung

4. Brokoli

Brokoli, sering dipuji sebagai makanan super, yakni pelindung kulit yang penuh dengan zat besi, kalsium, vitamin C, dan serat prebiotik.

Satu cangkir brokoli yang dimasak menyediakan 2,3 miligram vitamin E, meningkatkan kesehatan kulit dengan mempertahankan cahaya alami dan melindunginya dari infeksi. Kaya dengan nutrisi penting dan antioksidan, termasuk mineral seperti tembaga dan seng, brokoli menjadi sayuran yang ideal untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh.

5. Biji bunga matahari

Taburkan beberapa biji bunga matahari pada yoghurt atau salad untuk mendapatkan kulit yang indah.

Pada 100 gram biji bunga matahari, terdapat 35,17 miligram vitamin E. Biji-bijian ini tidak hanya merupakan sumber nutrisi yang kaya tetapi juga berkontribusi pada kulit yang sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dikemas dengan serat, protein, kalium, magnesium, dan seng, biji bunga matahari adalah cara alami paling enak untuk meningkatkan kualitas kulit dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.