Sekda Kalteng serukan ASN terus aktualisasikan sikap bela negara

id pemprov kalteng, sekda kalteng, nuryakin, semangat bela negara, hari bela negara, asn, kalteng, kalimantan tengah, nkri

Sekda Kalteng serukan ASN terus aktualisasikan sikap bela negara

Sekda Kalteng Nuryakin saat Upacara Peringatan ke-75 Hari Bela Negara bertempat di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Palangka Raya, Selasa (19/12/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin menyerukan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah provinsi mengaktualisasikan sikap dan semangat bela negara.
 
"Membela negara dalam hal ini bukan secara fisik, jadi pengimplementasiannya dengan bagaimana cara menggunakan produk dalam negeri, saat melakukan pengadaan barang dan jasa diarahkan ke dalam cinta dalam negeri," katanya di Palangka Raya, Selasa.
 
Hal itu dia sampaikan usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan ke-75 Hari Bela Negara bertempat di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.
 
Lebih lanjut dia menyampaikan, aktualisasi bela negara yang diimplementasikan oleh pemerintah provinsi dengan mendukung program pemerintah, salah satunya program ketahanan pangan seperti Food Estate dalam bentuk konkret.
 
"Kemerdekaan yang kita peroleh adalah hasil perjuangan, jadi generasi muda harus melihat jasa-jasa para pejuang kita. Tetapi lebih konkretnya bagaimana generasi muda mempersiapkan diri menghadapi masa depan dengan pendidikan," jelasnya.

Baca juga: Kalteng raih tiga terbaik nasional Anugerah BBI dan BBWI
 
Kemudian dia menyampaikan, Hari Bela Negara merupakan momentum bagi semua untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang dicita-citakan.
 
Sesuai amanat Presiden Joko Widodo, tantangan ke depan semakin tidak terduga, sehingga bangsa bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata
 
Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. Oleh karenanya masyarakat harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan diri semakin tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.
 
Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Kadiskominfosantik Kalteng raih predikat Prestasi Istimewa pada PKN II

Baca juga: Bandara Tjilik Riwut sediakan posko monitoring optimalkan layanan selama periode Nataru