Legislator Kapuas minta Disnaker perbanyak pelatihan kerja

id dprd kapuas, muhammad rosihan anwar, kapuas, kuala kapuas, pelatihan tenaga kerja, lapangan kerja

Legislator Kapuas minta Disnaker perbanyak pelatihan kerja

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Muhammad Rosihan Anwar (dua dari kiri) bersama jajaran pemkab dan peserta ekspos RTKD Kapuas 2023-2028. (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Muhammad Rosihan Anwar meminta kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat lebih memperbanyak kegiatan pelatihan kerja.
 
"Saya harapkan Disnaker ini bisa lebih banyak melakukan pelatihan-pelatihan, terutama yang kita harapkan menyasar generasi Z dan generasi Y yang setiap tahunnya itu cukup banyak lulusan SMA sederajat yang mungkin tidak melanjutkan ke perguruan tinggi," katanya di Kuala Kapuas, Kamis.
 
Sebelumnya Rosihan telah menghadiri ekspos Rencana Tenaga Kerja Daerah (RTKD) 2023-2028 yang dilaksanakan Pemkab Kapuas melalui Disnaker.
 
Menurutnya, hal ini sangatlah penting menjadi perhatian bersama, agar tidak menjadi tenaga pengangguran terbuka. Maka untuk menekannya diperlukan kegiatan pelatihan-pelatihan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) untuk menguranginya.
 
"Jika itu bisa dikurangi artinya pengangguran terbuka ini akan menjadi kecil dari skala persentase," katanya.

Baca juga: Tingkat pengangguran terbuka di Kapuas berada di angka 3,66 persen
 
Hingga pada akhirnya, lanjut wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, ke depan tidak membebankan atau memberatkan Anggran Pendapatan dan Belaja Daerah (APBD) dari sisi membuka lapangan kerja di sektor pemerintahan, seperti tenaga honorer.
 
"Harapan kita dengan pelatihan-pelatihan nantinya Pemkab Kapuas atau sektor swasta akan memberikan jalan keluar, karenanya sekali lagi saya harapkan perusahaan daerah Panunjung Tarung bisa dibuka lagi agar menjadi salah satu solusi tenaga kerja baik secara formal maupun informal," demikian Rosihan Anwar.

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi pemberian bonus ke peraih medali di Porprov Kalteng

Baca juga: Sebanyak 34 peserta ikuti OKK tingkat Kalteng di Kapuas

Baca juga: Pemkab Kapuas laksanakan seleksi terbuka untuk sejumlah jabatan