Disdukcapil Kapuas optimalkan layanan 'jemput bola' perekaman KTP bagi pelajar

id pemkab kapuas, dukcapil kapuas, perekaman ktp elektronik, pelajar, pemilih pemula, kuala kapuas, kapuas, pemilu 2024

Disdukcapil Kapuas optimalkan layanan 'jemput bola' perekaman KTP bagi pelajar

Sejumlah pelajar SMAN 2 Kuala Kapuas tampak antuasias mengikuti perekaman KTP yang dilaksanakan Dinas Dukcapil di Kuala Kapuas, Senin (15/1/2024). (ANTARA/HO-Disdukcapil Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali melaksanakan program jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) bagi pelajar.
 
“Hari ini kita melaksanakan program jemput bola perekaman KTP-El di SMAN 2 Kuala Kapuas,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dukcapil Kapuas, Sipie S Bungai di Kuala Kapuas, Selasa.
 
Dikatakannya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan hak Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai penduduk untuk mendapatkan dokumen kependudukan KTP El.
 
"Yang digunakan sebagai dasar mendapatkan pelayanan publik dan juga menghadapi Pemilu 2024 terkait penduduk belum ber KTP-EI," terangnya.

Baca juga: Pemkab Kapuas optimalkan langkah pengendalian inflasi daerah
 
Oleh karenanya dia menekankan pentingnya sektor kependudukan di daerah setempat agar terdata dengan baik. Selain pelaksanaan jemput bola, perekaman KTP-El sekaligus menindaklanjuti hasil pendataan pencocokan dan penelitian (Coklit) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pleno DPT-PPK Kecamatan Selat.
 
"Terutama bagi pemilih potensial yang belum memiliki KTP El yang akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024," jelasnya.

Baca juga: Legislator minta Pemkab Kapuas optimalkan upaya peningkatan SDM masyarakat
 
Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada SMAN 2 Kuala Kapuas yang telah mendukung terlaksananya program tersebut, sehingga semua berjalan baik dan lancar. 
 
Salah seorang guru SMAN 2 Kuala Kapuas, Dedy Harison yang mendampingi kegiatan tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten karena telah melakukan kegiatan ini, sehingga mempermudah para siswanya.

Baca juga: Dinas Dukcapil Kapuas jemput bola aktivasi IKD

Baca juga: Kebakaran disertai ledakan hanguskan rumah warga di Kapuas

Baca juga: Pj Bupati Kapuas paparkan capaian kinerja ke Inspektorat Jenderal Kemendagri