Ketua DPRD harapkan Barito Utara raih WTP kesepuluh

id mery rukaini,ketua dprd,wtp,bpk ri,barito utara,kalteng,barut,lhp

Ketua DPRD harapkan Barito Utara raih WTP kesepuluh

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini menerima LHP yang diserahkan Ketua BPK RI Perwakilan Kalteng M Ali Asyhar di Palangka Raya, Senin (15/1/2024).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini mengharapkan pemerintah daerah setempat pada kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kesepuluh atas laporan keuangan 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Kalimantan Tengah. 

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja ikhlas dan tuntas, sehingga daerah ini diharapkan terus mendapat prestasi," kata Mery Rukaini di Muara Teweh, Sabtu. 

Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis dan Ketua DPRD Mery Rukiani menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dengan tujuan tertentu semester II Tahun 2023 yang diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Kalteng M Ali Asyhar di Palangka Raya, Senin (15/1).

Terkait hal tersebut Pemkab Barito Utara berharap kembali meraih predikat opini WTP untuk yang ke-10 kalinya berturut-turut, atas LKPD Kabupaten Barito Utara Tahun Anggaran 2022 dan 2023. 

"Hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Kalteng sebagai momentum untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan publik untuk kesejahteraan masyarakat di daerah setempat," katanya.

Baca juga: Pj Bupati Barito Utara terima LHP dengan tujuan tertentu BPK RI

Dia juga mengharapkan, kepada seluruh kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara, agar nantinya dalam penyusunan laporan keuangan di instansinya masing-masing, mengacu pada arahan dan bimbingan yang diberikan oleh BPK RI Perwakilan Kalteng.

Ketua DPRD juga mengharapkan solidnya antara tim Barito Utara, Pj Sekda, Inspektur, kepala perangkat daerah, dan dukungan dari DPRD. 

"Opini WTP yang diraih tahun sebelumnya, agar dapat lebih memacu kepada seluruh perangkat daerah dalam memberikan laporan keuangan di instansinya masing-masing sesuai aturan dan ketentuan," pinta dia.

Pihaknya juga bersama Pemkab Barito Utara akan segera menindaklanjuti LHP sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. 

"Kepada para pejabat lingkup Pemkab Barito Utara agar segera menindaklanjuti rekomendasi LHP ini agar selesai tepat waktu," demikian Mery Rukaini.