Aljazair amankan hasil imbang lawan Burkina Faso

id Aljazair,main imbang,burkina faso,16 besar ,piala afrika,2024,Baghdad Bounedjah

Aljazair amankan hasil imbang lawan Burkina Faso

Penyerang Aljazair Baghdad Bounedjah (kanan tengah) menanduk bola yang menjadi gol kedua timnya saat bermain melawan Burkian Faso di pertandingan Grup D Piala Afrika 2024, di Stade de la Paix, Bouake , Sabtu (20/1/2024). (ANTARA/AFP/KENZO TRIBOUILLARD)

Jakarta (ANTARA) - Baghdad Bounedjah menanduk bola yang berbuah gol pada menit ke-95 untuk mengamankan hasil imbang 2-2 Aljazair saat melawan Burkina Faso pada Sabtu, yang memaksa sang lawan harus menunggu laga terakhir untuk memastikan tiket ke 16 besar Piala Afrika 2024.

Gol pembukaan Mohamed Konate pada menit ke-45 dapat disamakan oleh gol pertama Bounedjah pada menit ke-51 pertandingan Grup D di Stade de la Paix, Bouake itu. Namun penalti Bertrand Traore pada menit ke-71 membawa Burkina Faso merestorasi keunggulan menjadi 2-1, demikian dikutip dari AFP.

Pada titik itu, Burkina Faso sudah dipastikan melaju ke 16 besar. Namun gol kedua Bounedjah menjelang waktu normal usai menunda pesta Burkina Faso, sekaligus membuatnya telah mengoleksi total tiga gol untuk bergabung dengan Emilio Nsue asal Equatorial Guinea sebagai pencetak gol terbanyak turnamen ini.

Burkina Faso masih memuncaki klasemen grup dengan empat poin, dan akan berhadapan dengan Angola pada pertandingan terakhirnya di fase grup. Sedangkan Aljazair memiliki dua poin, dan kemenangan atas Mauritania pada Selasa akan meloloskan mereka ke fase gugur.

Pasukan Hubert Vehud membuka keunggulan menjelang turun minum, saat Konate menyambut bola di dalam kotak penalti dan menanduk bola masuk ke gawang Aljazair. Gol itu disahkan setelah tinjauan VAR mengonfirmasi ia berada dalam posisi onside.
 

Aljazair menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, saat Bounedjah menyambar bola dari jarak dekat setelah terjadi kemelut di depan mulut gawang Burkina Faso.

Burkina Faso kemudian mendapat hadiah penalti pada pertengahan babak kedua, setelah tinjauan VAR memperlihatkan bahwa Rayan Ait-Nouri menendang tulang kering Issa Kabore di dalam kotak terlarang saat berusaha menyapu bola.

Pemain pengganti Burkina Faso, Traore, sukses mengonversi penalti, sebagaimana yang ia lakukan untuk membawa timnya menang 1-0 atas Mauritania pada pertandingan pertama mereka.

Aljazair meresponnya dengan menarik dua pemain sayap Riyad Mahrez dan Youcef Belaili, sebelum diselamatkan oleh gol tandukan kepala Bounedjah.

 

Daftar susunan pemain:

Aljazair: Anthony Mandrea, Youcef Atal, Aissa Mandi, Ramy Bensebaini, R. Ait Nouri, Nabil Bentaleb,Riyad Mahrez, Ramiz Zerrouki, Youcef Belaili, S Ferghuli, Baghdad Bounedjah

Pelatih: Djamel Belmadi

 

Burkina Faso:Herve Koffi, Adamo Nagalo, Issoufou Dayo, E. Tapsoba, Steeve Yago, Adama Guira, Blati Toure, Issa Kabore, A. Fessal Tapsoba, Gustavo Sangare, Mohamed Konate

Pelatih: Hubert Velud