Wagub Kalteng tabur dua juta benur udang vaname

id Wagub Kalteng tabur dua juta benur udang vaname, kalteng, sukamara, ekonomi

Wagub Kalteng tabur dua juta benur udang vaname

Wakil Gubetnur Kalteng Rdy Pratowo di dampingi Pj Bupati Sukamara saat tabur benur udang vaname di Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Sabtu (9/3/2024). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menabur sebanyak dua juta benur udang vaname di tambak udang yang terletak di Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara.

"Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan tebar perdana benur atau bibit udang vaname di lokasi yang sudah kita kembangkan di bawah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalteng dan akan dikelola oleh Badan layanan Umum Daerah (BLUD)," ucapnya di Sukamara, Sabtu.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat sekitar dan Kalimantan Tengah bahwa ternyata potensi di wilayah ini cocok untuk budidaya udang vaname, makanya dibuatkan dalam skala besar.

"Mudahan ini terus berkembang dengan baik seiring dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh kelompok-kelompok masyarakat di wilayah ini, sehingga mereka juga tetap untuk ikut serta dalam membudidyakan udang vaname," harapnya.

Shrimp estate ini menjadi produk unggulan bagi Provinsi Kalteng sesuai dengan visi dan misi yakni menjaga ketahanan pangan nasional dari sektor perikanan.

Edy berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat. Dia berpesan kepada Dislutkan Provinsi Kalteng agar dengan adanya tambak udang vaname ini untuk terus diperhatikan bagaimana perkembangannya.

"Ini juga menjadi harapan dari pak Gubernur supaya shrimp estate ini menjadi tonggak kita bisa mengembang di wilayah ini dan menjadikan provinsi yang menghasilkan udang vaname," pungkasnya.

Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor menyampaikan, pengembangan dari shrimp estate ini sebagaimana disampaikan Bapak Wakil Gubernur tadi bagsimana membangkitkan ekonomi Indonesia khususbya wilayah Kalteng.

"Harapan kita, ini dapat berdampak luas bagi masyarakat kita untuk bisa mengembangkan yang serupa, sehingga akan mendukung pengembangan-pengembangan budidaya yang berkenaan dengan udang vaname," jrladnya.

Untuk Sukamara diyakini bukan hanya untuk pengembangan budidaya udang vaname saja ke depannya. Pemkab Sukamara juga sudah memiliki konsep lainnya terkait pertanian terintegrasi yang juga menjadi harapan kedepannya dimana menyangkut hajat masyarakat di wilayah ini.

"Ini harus kita kelola dengan baik untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat Kabupaten Sukamara khususnya para nelayan dan para petani yang ada di wilayah ini," demikian Kaspinor.