Pj Bupati Murung Raya jabarkan tujuh prioritas pembangunan daerah

id pemkab murung raya, penjabat bupati hermon, musrenbang, puruk cahu, mura, murung raya

Pj Bupati Murung Raya jabarkan tujuh prioritas pembangunan daerah

Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon saat menyampaikan sambutan pada musrenbang RKPD yang dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang di Puruk Cahu, Senin (18/3/2024).  (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang di Puruk Cahu, Senin (18/3).
 
Dalam sambutannya, Pj Bupati Murung Raya, Hermon mengatakan Musrenbang RKPD merupakan momentum sangat strategis dalam merumuskan arah pembangunan daerah untuk satu tahun ke depan.
 
"Melalui forum ini, kita bersama-sama merencanakan langkah-langkah konkret guna mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan," jelasnya.
 
Lebih lanjut Hermon menjelaskan, musrenbang RKPD bukan sekadar agenda rutin, melainkan wadah dialog interaktif melibatkan berbagai pihak untuk memastikan keberlanjutan pembangunan yang berpihak pada kepentingan masyarakat.
 
Pelaksanaan musrenbang ini diselaraskan dengan tema Rencana Pembangunan Daerah (RPD) pada 2025, yaitu perluasan akses layanan dasar masyarakat untuk peningkatan kualitas sumber daya masyarakat dan peningkatan manajemen pemerintahan serta prioritas pembangunan daerah tahun 2025.

Baca juga: DPRD Murung Raya minta tradisi Pasar Ramadhan dipertahankan
 
Adapun tujuh prioritas pembangunan disampaikan Hermon yaitu, perluasan pembangunan infrastruktur pendidikan dan kesehatan, serta pemerataan kualitas tenaga pendidikan dan kesehatan.
 
Kemudian pengembangan sistem perizinan dan penanaman modal, penguatan reformasi birokrasi dengan tata kelola berbasis kinerja dan IT, serta integrasi arah pembangunan pusat dan pemerintah daerah.
 
"Berikutnya adalah penguatan ekosistem pelaku usaha lokal dan penguatan jaring pengaman sosial," tambahnya. 
 
Hermon menyebut, kerja sama, kolaborasi, dan kreativitas bersama sangat diharapkan untuk mengatasi berbagai hambatan pembangunan.
 
Sinergi antara pemerintah daerah, legislatif, dan semua elemen masyarakat akan menjadi kunci kesuksesan implementasi program- program yang direncanakan.
 
"Saya yakin, dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan, kita dapat meraih prestasi yang lebih baik," ujarnya.
 
Dia pun mengajak semua pihak menjadikan musrenbang RKPD ini sebagai wahana untuk membangun momentum positif dan menciptakan transformasi nyata bagi kemajuan daerah.
 
"Mari kita bersama-sama mewujudkan visi dan misi kita untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan berkeadilan," tegasnya.

Baca juga: Pj Bupati Murung Raya: Pasar Ramadan untuk semua umat beragama

Baca juga: DPRD minta Pemkab Murung Raya atasi tingginya harga pangan di pelosok

Baca juga: DWP Murung Raya latih 72 admin E-Reporting