Optimalkan pelayanan, Disdukcapil jangkau perdesaan Seruyan

id pemkab seruyan, kuala pembuang

Optimalkan pelayanan, Disdukcapil jangkau perdesaan Seruyan

Kepala Disdukcapil Seruyan, Domases Al Atak. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah terus memaksimalkan pelayanan publik pada berbagai sektor, termasuk di bidang administrasi kependudukan.


 


Melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Seruyan, pelayanan kepada masyarakat dioptimalkan dengan menjangkau hingga wilayah perdesaan.


 


"Kami terus berupaya dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat di wilayah perdesaan," terang Kepala Disdukcapil Seruyan, Domases Al Atak


 di Kuala Pembuang, Kamis.


 


Sebagai salah satu contoh layanan yang diberikan, yakni pelayanan adminduk kepada masyarakat di wilayah hulu Seruyan sehingga sama-sama merasakan kemudahan pelayanan dari Disdukcapil.


 


Hal ini sebagai upaya pemerataan pelayanan publik, sehingga apa yang diberikan di wilayah ibu kota kabupaten juga dapat dirasakan masyarakat perdesaan.


 


"Berdasarkan kunjungan yang pernah kami lakukan, di antaranya satu desa saja ada yang sampai puluhan warga belum memiliki dokumen. Seperti KTP, ataupun Kartu Keluarga dan lainnya," ujarnya.


 


Disampaikannya pelaksanan program atau kegiatan pelayanan KTP ke wilayah perdesaan secara berkala dilaksanakan Disdukcapil sehingga masyarakat yang hendak berurusan terkait adminduk dapat lebih mudah dan semakin terbantu.


 


Kegiatan ini dinilai strategis serta membantu masyarakat perdesaan. Diupayakan dapat semakin ditingkatkan, apalagi setiap pelaksanaannya disambut antusias masyarakat.