Kuatkan mental dan sosial, anak binaan di Rutan Palangka Raya diberikan pembinaan

id Kuatkan mental dan sosial, anak binaan di Rutan Palangka Raya diberikan pembinaan, kalteng, Palangka raya, hukum

Kuatkan mental dan sosial, anak binaan di Rutan Palangka Raya diberikan pembinaan

Anak binaan LPKA Kelas II Palangka Raya saat mengikuti pembinaan dari PIK Remaja Palangka Raya, di LPKA Kelas II Palangka Raya. ANTARA/HO-Humas LPKA Kelas II Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menggandeng Pusat Informasi Konseling (PIK), melakukan pembinaan terhadap anak binaan, guna menguatkan mental dan sosial anak binaan selama menjalani masa pembinaannya.

"Kali ini kami melaksanakan kegiatan penguatan remaja dengan mengangkat tema Workshop Ini Genting," kata Kepala LPKA Kelas II Palangka Raya, Ngadi, Kamis.

Dia menjelaskan, dalam program tersebut pihaknya menghadirkan narasumber yang merupakan Duta Genre dan DP3AP2KB Kota Palangka Raya yang tergabung dalam PIK Remaja.

PIK Remaja secara sukarela membagikan pengetahuan, keterampilan, dan semangat kepada anak-anak yang sedang menjalani masa pembinaan.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut anak binaan diberikan berbagai macam pengetahuan, yang tidak hanya terpaku pada aspek pendidikan formal.

"Anak binaan juga diberikan pengetahuan yang mengedepankan pengembangan soft skill dan pemahaman nilai-nilai moral yang berguna bagi anak binaan saat kelak kembali di lingkungan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Cegah curanmor selama mudik lebaran, Polresta Palangka Raya sediakan penitipan kendaraan gratis

Ngadi menambahkan, tujuan utama dari kegiatan ini untuk memberikan dukungan moral dan inspirasi kepada para anak binaan agar mereka bisa bangkit dari kesulitan yang mereka hadapi.

Untuk itu pihaknya berkomitmen agar selalu memberikan sarana dan wadah terbaik bagi setiap individu untuk memiliki potensi dalam berubah dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. 

Dengan memberikan perhatian dan dorongan yang tepat, Ngadi menambahkan, pihaknya berharap agar seluruh anak binaan bisa memulai babak baru dalam kehidupan.

"Melalui kegiatan penguatan remaja seperti ini yang tidak hanya memberi manfaat bagi para anak binaan, namun juga menjadi cerminan dari semangat kebersamaan dan kepedulian sosial yang harus terus dijaga dan diperjuangkan oleh seluruh lapisan masyarakat demi hari esok yang lebih baik," tuturnya.

Dalam workshop tersebut, anak binaan menyambut positif kegiatan yang digelar ini. Mereka menyambut antusias kegiatan ini sebagai peluang untuk belajar dan meraih harapan baru. 

"Saya mengapresiasi kegiatan yang telah digelar, sebab ini merupakan salah satu bentuk kepedulian. Ini memberi semangat baru untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan," kata salah seorang anak binaan yang mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga: Tips listrik aman saat libur panjang Lebaran 2024 ala PLN

Baca juga: 448 tiket mudik gratis Kementerian Perhubungan di Palangka Raya ludes

Baca juga: Disdik terus berupaya lakukan pemerataan pendidikan di Palangka Raya