Pancasila kuatkan kerukunan masyarakat Gumas menuju Indonesia Emas 2045

id pemkab gunung mas, penjabat bupati gumas, herson b aden, harlah pancasila, kuala kurun

Pancasila kuatkan kerukunan masyarakat Gumas menuju Indonesia Emas 2045

Pj Bupati Gumas Herson B Aden menyalami tamu undangan usai upacara Hari Lahir Pancasila di Kuala Kurun, Sabtu (1/6/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden menilai Pancasila menjadi landasan penting bagi masyarakat di daerah setempat untuk selalu menjaga kerukunan, menuju Indonesia Emas 2045.
 
“Jaga kerukunan, perkuat kebersamaan, kesatuan dan persatuan, supaya kita bisa bersama-sama membangun Gumas, menuju masyarakat sejahtera, mandiri, dan berdaya saing,” ucap dia usai upacara Hari Lahir Pancasila di Kuala Kurun, Sabtu.
 
Selain itu, dia juga meminta sekaligus mengajak masyarakat di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ untuk selalu menjaga toleransi dan keberagaman.
 
Yang tak kalah penting, di tengah kemajuan perkembangan teknologi informasi, masyarakat Gumas dituntut untuk lebih bijak menggunakan smartphone atau telepon pintar.
 
“Namanya smartphone, semua tergantung di jari kita. Apa yang kita share atau bagikan di media sosial, apa yang kita sampaikan, hendaknya yang sifatnya positif,” kata dia.
 
Jangan sampai masyarakat membagikan berbagai hal yang bersifat negatif di media sosial, yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Baca juga: Pengembangan pariwisata di Gumas memerlukan dukungan provinsi dan pusat
 
Sementara itu, anggota DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan meminta masyarakat agar selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, demi menjaga persatuan dan kesatuan.
 
Menurut dia, penerapan nilai-nilai Pancasila harus diperkuat, terlebih dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan bupati dan wakil bupati.
 
Dia tak ingin perbedaaan pilihan dan dukungan saat Pilkada 2024 membuat masyarakat terpecah belah. Untuk itu, penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari harus diperkuat.
 
“Jika kita melihat Garuda Pancasila, di situ ada semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang maknanya berbeda-beda tetapi tetap satu. Hendaknya kita semua terus mengingat itu supaya tidak terpecah belah, terlebih menjelang pelaksanaan pilkada,” demikian Rayaniatie.

Baca juga: Legislator Gumas perjuangkan keberlanjutan rekonstruksi ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas

Baca juga: Penjaringan Pilkada 2024 ditutup, enam figur mendaftar ke Gerindra Gumas

Baca juga: Pemkab Gumas terus tingkatkan mutu dan keamanan pangan