Kelestarian objek wisata alam di Palangka Raya wajib dijaga bersama

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto, DPRD Palangka Raya, Kota Palangka Raya, kalteng

Kelestarian objek wisata alam di Palangka Raya wajib dijaga bersama

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah beserta seluruh lapisan masyarakat di wilayah setempat, agar dapat turut bersama-sama menjaga kelestarian objek wisata yang bernuansa alam di daerah ini.

"Melestarikan keindahan alam dan menjaga keseimbangan ekosistem di daerah ini sangat penting, agar ke depan menjadi aset berharga yang dimiliki oleh daerah ini," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Menurut sekretaris DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, kelestarian alam yang terjaga akan memberikan manfaat jangka panjang, baik bagi masyarakat maupun bagi generasi mendatang.

Untuk itu masyarakat diminta agar tidak melakukan tindakan yang dapat merusak lingkungan di sekitar objek wisata alam. Seperti membuang sampah sembarangan, merusak tanaman dan hewan, serta melakukan kegiatan yang dapat mengganggu kehidupan alam di sekitar objek wisata.

"Biasanya hampir di setiap objek wisata, ada saja yang dirusak oleh oknum. Bahkan ada yang sengaja menulis nama menggunakan cat kaleng di objek wisata," kata Sigit.

Hal tersebut, tidak hanya merusak objek wisata yang ada di daerah ini saja. Melainkan juga akan membuat pengunjung dari luar daerah ini unutuk enggan atau kecewa datang ke objek wisata di Kota Palangka Raya.

Memang, aksi vandalisme juga kerap terjadi tak hanya pada objek wisata saja. Tetapi di berbagai tempat-tempat umum atau di fasilitas yang diberikan oleh pemerintah.

"Padahal kan pemerintah ini membangun fasilitas menggunakan anggaran dari masyarakat untuk dinikmati lagi oleh masyarakat. Tetapi terkadang justru dirusak," ujarnya.

Legislator Palangka Raya itu pun kembali mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam melestarikan dan menjaga objek wisata serta fasilitas umum yang ada di daerah ini.

Masyarakat juga bisa mengikuti program pelestarian alam yang diadakan oleh pemerintah setempat. Program ini meliputi penanaman pohon, kegiatan pembersihan dan pengelolaan limbah yang ramah lingkungan.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya minta ASN pacu kinerja usai cuti Lebaran

"Dengan begitu, akan menumbuhkan jiwa memiliki di diri warga terkait objek wisata atau fasilitas umum. Jadi warga tentunya akan lebih menjaga apa yang ada di daerah ini," jelasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada pengelola objek wisata alam untuk menjaga kebersihan dan keamanan area wisata. Hal tersebut tentunya untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung saat mendatangi objek wisata tersebut.

"Pengelola kami diminta untuk menyediakan fasilitas yang memadai, seperti tempat sampah dan toilet, serta menjaga keaslian dan keindahan alam di sekitar objek wisata," demikian Sigit Karyawan Yunianto.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya larang ASN gunakan kendaraan dinas untuk mudik

Baca juga: Pemkot Palangka Raya-Bank Kalteng kerja sama kredit pemerintah

Baca juga: Pemkot Palangka Raya telah sebar sembako murah sebanyak 5.000