Benarkah Indonesia dicoret dari AFC U23 terkait indikasi suap wasit? Ini faktanya!

id Timnas indonesia ,suap wait ,afc,hoaks,hoax

Benarkah Indonesia dicoret dari AFC U23 terkait indikasi suap wasit? Ini faktanya!

Arsip-Penyerang Guinea Momo Fanye Toure (Kiri) berebut bola dengan bek Indonesia Bagas Kaffa pada pertandingan play-off pra-Olimpiade antara Indonesia dan Guinea, untuk memperebutkan tempat terakhir di turnamen sepak bola Olimpiade putra di Paris 2024 , di Clairefontaine-en-Yvelines, selatan Paris, Kamis (9/5/2024). ANTARA/AFP-Miguel Medina/aa. (AFP/Miguel Medina)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah unggahan video di TikTok menarasikan bahwa Indonesia memiliki kemungkinan dicoret dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) karena mantan wasit Liga 1, John Evans terindikasi disuap oleh PSSI.

Dalam video tersebut menampilkan salah satu stasiun televisi Vietnam yang memperlihatkan pertandingan Piala Asia U23 Indonesia melawan Korea Selatan.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Mantan Wasit liga 1 John Evans terindikasi disuap PSSI

Indonesia kemungkinan akan dibaned di AFC U23 edisi selanjutnya”

Namun, benarkah Indonesia diblacklist AFC U23 atas indikasi suap wasit?

 
 
Unggahan video yang menarasikan Indonesia diblacklist AFC U23 atas indikasi suap wasit. Faktanya, video tersebut membahas kemennagan Indonesia saat melawan Korea Selatan. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan unggahan VTV Th Thao yang berjudul “Bagaimana Indonesia U23 terselamatkan dalam adu penalti melawan Korea U23?” yang diunggah pada 26 April lalu.

Video tersebut menarasikan Indonesia U23 'diselamatkan' dalam adu penalti ketika wasit untuk Justin Hubner mengulangi tendangan penalti yang sebelumnya gagal. Ia juga menuliskan Indonesia U23 menunjukkan semangat bermain yang mengesankan dan pantas mendapatkan tiket masuk semifinal.

Klaim: Indonesia dicoret dari AFC U23 atas indikasi suap wasit

Rating: Disinformasi