Lepas keberangkatan 317 JCH Kapuas, Penjabat Bupati berpesan tetap jaga kesehatan

id Penjabat Bupati Kapuas, Pj Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, kapuas, kalteng

Lepas keberangkatan 317 JCH Kapuas, Penjabat Bupati berpesan tetap jaga kesehatan

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengucapkan selamat kepada para Jamaah Calon Haji dari daerah setempat di Hall Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Senin (13/5/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi melepas keberangkatan sebanyak 317 jamah calon haji (JCH) 1445 Hijriah, di Hall Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Senin.

"Seluruh JCH harus terus menjaga kesehatan karena sekarang ini di tanah suci cuacanya lumayan panas," kata Erlin Hardi saat pelepasan di Kuala Kapuas.

Menurut dia, tenaga kesehatan selaku pendamping pun harus selalu memberikan perhatian kepada para jamaah dari daerah ini.

Orang nomor satu di kabupaten setempat ini juga berharap agar para Jamaah calon haji, dapat menyiapkan diri sebaik mungkin dalam melaksanakan ibadah haji, baik itu persiapan fisik maupun mental, disamping juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan kegiatan manasik haji yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Kita harapkan sejumlah 317 jamaah calon haji bisa berangkat dengan selamat dan pulang sejumlah yang ada pula, tentunya ini juga menjadi perhatian kami dari pemerintah daerah setempat," tuturnya.

Pemkab Kapuas bersama dengan Kementerian Agama Kapuas maupun instansi terkait akan terus berusaha meningkatkan pelayanan ibadah haji. Cara penyelenggaraan yang di atur oleh Pemerintah Indonesia maupun pemerintah Saudi sebagai tempat pelaksanaan ibadah haji agar berjalan tertib, aman dan lancar.

"Tentunya apa yang menjadi keperluan untuk para jamaah haji, pemkab selalu memperhatikan, apapun itu, tidak terbatas, ketika Jamaah perlu maka pemkab melalui para pendamping akan melakukannya secara maksimal melayani para Jamaah haji," kata Erlin Hardi.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas Hamidhan dalam laporannya menerangkan pemberangkatan jamaah calon haji terbagi dalam tiga kelompok terbang atau kloter.

"Untuk keberangkatan JCH yang tergabung di kloter tiga dilaksanakan pada Selasa, 14 Mei 2024 dengan titik kumpul di Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kuala Kapuas," kata Hamidhan.

Baca juga: DPMD Kapuas ajak desa galakkan program ketahanan pangan

Kemudian, keberangkatan jamaah calon haji yang tergabung di kloter 05 berangkat pada Kamis, 16 Mei 2024 titik kumpul juga ditempat yang sama seperti kloter sebelumnya dan terakhir kloter 6 pada Sabtu, 18 Mei 2024 juga titik kumpul bertempat di Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kuala Kapuas.

"Jamaah calon haji diberangkatkan dari Kuala Kapuas menuju Embarkasi Haji Banjarmasin menggunakan armada enam bus untuk kloter 03 diisi 169 jamaah calon haji, dua  bus untuk kloter 05 diisi 43 jamaah calon haji dan empat bus untuk kloter 06 diisi 105 jamaah calon haji," demikian Hamidhan.

Baca juga: Organisasi keagamaan di Kapuas diminta tingkatkan pembinaan umat

Baca juga: Gaji tetap, Pemkab Kapuas alokasikan dana operasional RT

Baca juga: DPMD Kapuas apresiasi Pemdes anggarkan penanganan stunting