Pemkab Kapuas beri pelayanan KB gratis bagi masyarakat

id Pemkab Kapuas beri pelayanan KB gratis bagi masyarakat, kalteng, kapuas, kesehatan

Pemkab Kapuas beri pelayanan KB gratis bagi masyarakat

Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Agustina Erlin Hardi meninjau secara langsung Pelayanan KB Gratis dalam rangkaian Peringatan HUT ke 73 IBI, di Balai Penyuluh KB Kecamatan Selat/Dinas P3PPKB Kapuas, Senin (13/5/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas P3APPKB setempat telah memberikan pelayanan KB gratis dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Ikatan Bidan Indonesia.

“Kegiatan ini, dalam rangka meningkatkan akses kualitas wilayah dan sasaran khusus sekaligus capaian pelayanan KB dan menjaga keberlangsungan pemakaian kontrasepsi bagi Pasangan Usia Subur (PUS),” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Setda Kapuas. Vitrianson di Kuala Kapuas, Selasa.

Selain itu, kegiatan ini dalam rangka fasilitasi intensifikasi dan integrasi pelayanan KBKR di wilayah khusus Kabupaten Kapuas sebagai upaya dukung terhadap pemecahan Rekor MURI pemasangan 100 ribu implan.

Vitrianson menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan yang dilaksanakan oleh DP3APPKB Kapuas, sekaligus HUT ke-73 IBI.

Dia berharap melalui acara ini tercipta komitmen dari seluruh pihak yang hadir dalam menanggulangi permasalahan terkait angka kelahiran dan stunting secara bersama, serta program yang telah dirancang dapat direalisasikan dengan baik.

Baca juga: DMPD Kapuas apresiasi Desa Naning budidaya perikanan sistem bioflok

“Program Percepatan Penurunan Stunting merupakan agenda pembangunan Nasional yang mesti ditangani secara serius oleh semua pihak termasuk pemerintah kabupaten, kecamatan dan kelurahan/desa di Kabupaten Kapuas.

Stunting tidak hanya permasalahan fisik yang pendek tetapi juga masalah perkembangan otak yang dalam jangka panjang berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia,” kata Vitrianson.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi semua dalam menyamakan persepsi, menyatukan gerak dan Langkah serta dapat meningkatkan sinergisitas dan penyelarasan tata laksana program.

“Bagi seluruh perangkat daerah yang tergabung dalam struktur Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas, termasuk mitra IBI, sehingga target penurunan stunting sebesar 14,29 persen untuk Kapuas di tahun 2024 dapat tercapai,” demikian Vitrianson.

Usai pembukaan, Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Agustina Erlin Hardi, Kepala DP3APPKB Kapuas dr Tri Setyautami dan Ketua DWP Kapuas, Apollonia Septedy meninjau secara langsung pelaksanaan pemasangan alat kontrasepsi di Balai Penyuluh KB Kecamatan Selat. 

Baca juga: Lepas keberangkatan 317 JCH Kapuas, Penjabat Bupati berpesan tetap jaga kesehatan

Baca juga: DPMD Kapuas ajak desa galakkan program ketahanan pangan

Baca juga: Organisasi keagamaan di Kapuas diminta tingkatkan pembinaan umat