Kepuasan mudik Lebaran 2024 karena kehadiran Kapolri

id Kapolri,Kepuasan mudik Lebaran,Kalteng, Listyo Sigit Prabowo,Mudik Lebaran 2024

Kepuasan mudik Lebaran 2024 karena kehadiran Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (6/4/2024). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang menilai kepuasan publik yang tinggi atas penyelenggaraan mudik Lebaran 2024 karena kehadiran Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di lapangan sehingga masyarakat merasa negara hadir.

"Yang paling penting kehadiran negara dalam pelaksanaan mudik, kehadiran Kapolri dan seluruh pejabat hingga level paling bawah mengakibatkan masyarakat semakin yakin bahwa acara mudik semakin lancar karena kehadiran mereka. Negara hadir membuat masyarakat semakin puas dengan adanya pengamanan mudik dari Polri," kata Rustika dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dia kemudian mengungkapkan riset Indonesia Indicator yang didasari hasil analisis media menunjukkan ada upaya-upaya pihak kepolisian untuk menyukseskan mudik lebaran.

Dia juga menilai strategi komunikasi yang dilakukan Polri sudah cukup baik. Menurut dia, strategi yang dibangun oleh Polri menggunakan model propaganda putih.

"Strategi komunikasi yang smart, humanis, ada pendekatan kultural dan humble," ucapnya.

Dia mengatakan pihak kepolisian menggunakan sumber-sumber yang akurat sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan ketika ada kemacetan.

Selain itu, kata dia, Polri semakin kreatif dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan mudik menggunakan berbagai platform dan mengemasnya dengan bahasa yang ringan.

"Seluruh pilihan diserahkan kepada masyarakat, cukup menarik dari Polri, juga sangat cepat merespons keluhan dengan memberikan solusi atau tip terkait dengan mudik," katanya.

Ia menambahkan bahwa Polri mampu berkolaborasi menggandeng influencer, dan stakeholders seperti Kementerian Perhubungan, TNI, pemerintah daerah, dan media lokal sehingga membuat informasi terkait mudik diterima seluruh elemen.

Menurut dia, Polri juga semakin berdaya karena menggunakan platform teknologi digital, mulai dari aplikasi, hingga situs web yang bisa menjadi jembatan komunikasi mengenai kondisi lalu lintas, cuaca, dan tip mudik.

"Masyarakat bisa memahami dan tahu secara real time apa sih yang terjadi dengan mudik," ujarnya.

Dia pun menyampaikan apresiasi atas langkah yang telah dilakukan Polri sehingga masyarakat Indonesia merasa puas dengan penyelenggaraan mudik Lebaran 2024.

"Selamat untuk Polri," kata dia.