DPRD Kalteng minta pemerintah memperkuat program kesejahteraan masyarakat

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta pemerintah memperkuat program kesejahteraan masyarakat

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah Tomy Irawan Diran. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Tomy Irawan Diran mendorong sekaligus meminta kepada pemerinta, baik pusat maupun daerah, agar program sosial yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat ditingkatkan, khususnya bagi mereka yang dikategorikan tidak mampu.

Program di bidang tersebut harus menyeluruh dalam hal menyentuh semua aspek kebutuhan masyarakat, baik itu dukungan terhadap kegiatan usaha, bantuan penanganan sosial dan lain sebagainya, kata Tomy di Palangka Raya, kemarin.

"Program yang inikan kaitannya dengan bagaimana ekonomi bergerak, karena jika masyarakat yang punya usaha bisa dibantu maka mereka akan lebih bisa nyaman menjalankan kegiatannya," tambahnya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku, bahwa dorongan tersebut tidak lepas dari aspirasi masyarakat yang disampaikan ketika jajaran Anggota DPRD Kalteng melaksanakan reses dalam daerah.

"Kehidupan sosial masyarakat berubah drastis dan memengaruhi kesejahteraan dalam kurun waktu beberapa tahun yang lalu. Saat ini sejumlah masyarakat utamanya yang kurang mampu mencoba bangkit dari keadaan," ucapnya.

Tentunya keinginan masyarakat tersebut harus disambut baik oleh pemerintah, sehingga segala bentuk kegiatan yang mereka jalankan harus mendapat perhatian dan dukungan melalui program sosial.

Program peningkatan perekonomian yang bisa dicanangkan yaitu pemerintah bisa membantu modal usaha seperti usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan sektor lain misalnya pertanian, perikanan, peternakan dan sebagainya.

"Dengan bantuan atau dukungan pemerintah diharapkan kesejahteraan masyarakat bisa kembali bangkit. Terkait ini juga wajib bagi pemerintah memerhatikannya, maka dari itu program kerja supaya lebih dimaksimalkan lagi," demikian Tomy.