Penjabat Bupati Kobar dukung sinergisitas TNI-Polri wujudkan pilkada damai

id Penjabat Bupati Kobardukungsinergisitas TNI-Polriwujudkan pilkadadamai, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, pilkada, pemilu, politik

Penjabat Bupati Kobar dukung sinergisitas TNI-Polri wujudkan pilkada damai

Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa saat menghadiri rakor bentuk kerja sama bersama instansi terkait, Selasa (4/6/2024). ANTARA/HO-Istimewa

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa menyampaikan pentingnya sinergitas antara TNI -Polri dalam mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang damai, aman dan kondusif.

"Kegiatan pilkada tidak akan berjalan jika tidak ada dukungan dari TNI-Polri maupun peranan pemerintah. Makanya kami sangat mengapresiasi kerja sama tersebut," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Jumat.

Hal ini disampaikannya saat dikonfirmasi mengenai hasil rapat koordinasi dalam rangka bentuk kerja sama dan sinergisitas pemerintah daerah bersama Polres Kobar, TNI, KPU, Bawaslu, Kejaksaan serta jajaran pemerintah daerah.

Budi mengatakan, pada rapat koordinasi tersebut masing-masing instansi menyampaikan terkait kesiapan dalam menghadapi pilkada serentak pada 27 November mendatang.

"Sehingga yang menjadi kendala atau hambatan bisa teratasi, dan pada saat pelaksanaan Pilkada dapat berjalan sesuai harapan bersama yaitu terwujudnya Pilkada yang aman damai dan sukses," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Kobar optimalkan percepatan penurunan stunting

Dia menyampaikan, secara prinsip Pemkab Kobar mendukung penuh suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Sementara itu, Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman menyampaikan, kegiatan rapat koordinasi yang dilaksanakan belum lama ini, bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pengamanan Pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Kobar.

"Inti dari rakor tersebut, yaitu untuk merumuskan persamaan persepsi dalam kegiatan pemilu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Dia mengungkapkan, bahwa peran pemerintah daerah juga terkoordinasi dengan baik, sehingga rakor tersebut mendapatkan kesamaan tindak di lapangan.

"Melalui rakor yang kita laksanakan tersebut, pelaksanaan pilkada serentak dapat berjalan lancar, aman, damai dan kondusif," demikian Yusfandi Usman.

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Peran PKK strategis mewujudkan keluarga sejahtera

Baca juga: Luncurkan Pilkada Kobar 2024, KPU siap jalankan seluruh tahapan

Baca juga: Pj Bupati tekankan pentingnya netralitas penyelenggara pemilu di Pilkada 2024