Luncurkan Pilkada Kobar 2024, KPU siap jalankan seluruh tahapan

id Luncurkan Pilkada Kobar 2024, KPU kobar siap jalankan seluruh tahapan, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, Pangkalan bun

Luncurkan Pilkada Kobar 2024, KPU siap jalankan seluruh tahapan

Pelaksanaan peluncuran maskot dan jingle di Pangkalan Bun Park oleh KPU kobar, Senin (3/6/2024) ANTARA/HO-Istimewa

Pangkalan Bun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menegaskan siap menjalankan seluruh tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah setempat.

"Secara regulasi kami sudah ada, pendanaan sudah siap, Sumber Daya Manusia (SDM) siap, PPK PPS juga sudah kita bentuk," kata Ketua KPU Kabupaten Kobar Chaidir di Pangkalan Bun, Selasa.

Chaidir mengatakan, bahwa pihaknya akan mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Selanjutnya pada 5 Juni 2024 juga akan melaksanakan rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

"Dengan kesiapan ini, kita sangat optimis setiap proses tahapan pilkada di kobar, dapat berjalan aman dan lancar," ucapnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya juga telah melakukan berbagai koordinasi dan persiapan dalam tahapan awal, untuk menyukseskan kegiatan pilkada.

Baca juga: Pj Bupati tekankan pentingnya netralitas penyelenggara pemilu di Pilkada 2024

"Selanjutnya proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga telah kita lakukan," ungkapnya.

Lanjutnya, adanya kerjasama dan sinergi dari semua pihak serta dukungan dari masyarakat sangat diperlukan untuk keberlangsungan penyelenggaraan pilkada.

"Semoga seluruh masyarakat Kobar turut ambil bagian untuk mengawal pelaksanaan demokrasi yang digelar agar berjalan dengan baik jujur dan adil," disampaikannya.

Dia berpesan, kepada setiap kontestan, untuk bisa sama-sama menjaga tahapan pilkada supaya berjalan tanpa adanya politik uang serta kekang mengekang.

Hal tersebut juga disampaikannya, saat pihaknya melaksanakan peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Bupati dan Wakil Bupati  Kobar 2024 di Pangkalan Bun Park.

Baca juga: Pemkab Kobar alokasikan insentif untuk 415 tokoh agama

Baca juga: Dishub Kobar ingatkan angkutan tidak bongkar muat di tepi jalan

Baca juga: KPU Kobar siapkan kemeriahan acara peluncuran pilkada