Erick Thohir: PSSI mulai mencicil utang masih tersisa Rp70 miliar

id Erick Thohir,PSSI mulai mencicil utang ,Ketum PSSI,Kalteng

Erick Thohir: PSSI mulai mencicil utang masih tersisa Rp70 miliar

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memberikan keterangan kepada awak media usai acara Kongres Biasa PSSI 2024 di Jakarta, Senin (10/6/2024). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memastikan PSSI mulai mencicil utang kepada pihak kreditur yang hingga saat ini masih tersisa senilai Rp70 miliar.

"Kami mulai lakukan pembayaran-pembayaran yang sempat tertunda, yaitu Rp90 miliar. Kami sudah mulai cicil Rp20 miliar, masih ada Rp70 miliar," ujar Erick kepada awak media usai Kongres Biasa PSSI 2024 di Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan pemanfaatan pendapatan PSSI yang diperoleh dari upaya komersialisasi sepak bola di Indonesia.

Erick mengatakan, laporan keuangan PSSI sudah diaudit dan diketahui adanya pendapatan mencapai hampir Rp700 miliar dengan porsi terbesar dari bantuan pemerintah senilai Rp300 miliar untuk kejuaraan Piala Dunia U-17 2023.

Sisanya, kata dia, PSSI berupaya memperoleh dana sendiri dan dari hasil yang sudah terkumpul terdapat dana lebih sekitar Rp49 miliar.

"Saya rasa pertama kali ini PSSI punya dana lebih," ujarnya.

Ia menjelaskan, dana tersebut dimanfaatkan untuk membayar utang PSSI secara bertahap dengan target bisa terlunasi dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Erick menargetkan, setelah utang dilunasi, nanti PSSI bisa memiliki dana abadi dengan sistem manajemen yang sehat untuk mendukung siapa saja yang melanjutkan estafet kepemimpinan PSSI ke depan.

Ia menambahkan, PSSI tidak hanya bersantai-santai namun berupaya mencari sumber pendanaan seperti melalui komersialisasi pada tim nasional yang didukung pihak swasta dan pihak lain yang ingin mendukung.

"Ini yang kita dorong, bahwa PSSI lebih profesional, transparan," ujarnya.